Beasiswa Research Students 2024 di Jepang oleh Monbukagakusho untuk Lulusan D4, S1, S2 • Info Beasiswa

Pastikan anda menggunakan Aplikasi Info Beasiswa untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website Info Beasiswa

Info Beasiswa – Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT) kembali menawarkan beasiswa bagi yang ingin belajar di universitas pascasarjana di Jepang sebagai mahasiswa peneliti (research students). Program ini dibuka untuk lulusan D4, S1 maupun S2. Beasiswa yang ditawarkan bersifat penuh (Full Scholarship). Berikut informasi selengkapnya.

Beasiswa Research Students Monbukagakusho Tahun 2024

Dalam program Beasiswa Research Students, mahasiswa peneliti akan berada di bawah bimbingan profesor di Jepang yang melakukan penelitian di bidang keahlian masing-masing. Tujuan dari program ini adalah untuk mempersiapkan mahasiswa asing supaya mempunyai standar dan kualitas kemampuan penelitian yang mumpuni untuk melanjutkan studinya di jenjang Master/Doktor.

Pada saat berstatus sebagai research students, peserta juga dapat melanjutkan ke jenjang Master/Doktor apabila lulus ujian masuk yang diadakan oleh universitas tujuan. Namun peserta juga dapat langsung masuk ke program pascasarjana tanpa masa research students, jika sudah mendapatkan izin/telah lulus ujian masuk di universitas di Jepang.

PERIODE BEASISWA:

  • Research Student Enrollment Spring: 2 tahun (April 2024 – Maret 2026)
  • Research Student Enrollment Autumn: 1.5 tahun (September/Oktober 2024 – Maret 2026)

*Periode beasiswa master (S2) 2 tahun dan doktoral (S3) 3 tahun akan ditambah apabila berhasil lulus ujian masuk S2/S3

Baca Juga

CAKUPAN BEASISWA RESEARCH STUDENTS:

  1. Biaya perkuliahan ditanggung sepenuhnya.
  2. Tunjangan hidup sebesar ± ¥143.000/bulan (research students), ¥144.000/bulan (mahasiswa S2), dan ¥145.000/bulan (mahasiswa S3).
  3. Tiket pesawat pergi pulang Indonesia – Jepang.
  4. Bebas biaya pengurusan visa pelajar.
  5. Beberapa universitas menyediakan asrama. Untuk universitas yang tidak menyediakan asrama, pihak universitas dapat membantu mencarikan tempat tinggal jika dibutuhkan. Biaya dibayarkan dari tunjangan hidup yang diberikan.
  6. Tanpa ikatan dinas.

PERSYARATAN AKADEMIK BEASISWA RESEARCH STUDENTS:

Untuk pelamar program Master’s Course / Doctoral course (first phase):

  1. Pelamar yang telah menyelesaikan pendidikan sekolah 16 tahun di negara selain Jepang; atau
  2. Pelamar yang telah menyelesaikan program dengan masa studi standar selama 3 tahun atau lebih pada universitas/institusi pendidikan yang setara di negara selain Jepang dan telah mendapatkan gelar yang setara dengan Sarjana.
  3. Selain kondisi nomer 1 dan 2 di atas, pelamar telah memenuhi persyaratan untuk mendaftar pada program Master’s Course/Doctoral Course (first phase) di sekolah pascasarjana Jepang.

Untuk pelamar program Doctoral Course (second phase):

  1. Pelamar yang telah mendapatkan gelar yang setara dengan Master’s Degree atau professional degree; atau
  2. Pelamar yang telah lulus dari universitas dan pernah terlibat dalam studi penelitian di universitas atau pusat penelitian selama 2 tahun atau lebih, dan diakui mempunyai kompetensi akademik yang setara dengan lulusan gelar Master’s Degree oleh sekolah pascasarjana.
  3. Selain kondisi nomer 1 dan 2 di atas, pelamar telah memenuhi persyaratan untuk mendaftar pada program Doctoral Course (second phase) di sekolah pascasarjana Jepang.

Untuk pelamar program Doctoral Course (fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Kedokteran Hewan dan beberapa bagian dalam bidang farmasi):

  1. Pelamar yang telah menyelesaikan pendidikan sekolah 18 tahun di negara selain Jepang; atau
  2. Pelamar yang telah menyelesaikan program dengan masa studi standar selama 5 tahun atau lebih pada universitas/institusi pendidikan yang setara di negara selain Jepang dan telah mendapatkan gelar yang setara dengan Sarjana; atau
  3. Pelamar yang telah menyelesaikan pendidikan sekolah 16 tahun di negara selain Jepang dan pernah terlibat dalam studi penelitian di universitas atau pusat penelitian selama 2 tahun atau lebih, dan diakui mempunyai kompetensi akademik yang setara dengan lulusan universitas di bidang Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Kedokteran Hewan atau beberapa bagian dalam bidang Farmasi oleh sekolah pascasarjana.
  4. Selain kondisi nomer 1, 2, dan 3 di atas, pelamar telah memenuhi persyaratan untuk mendaftar pada program Doctoral Course (fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Kedokteran Hewan dan beberapa bagian dalam bidang farmasi) di sekolah pascasarjana Jepang.

PERSYARATAN BEASISWA RESEARCH STUDENTS TAHUN 2024:

  1. Berusia maksimal 34 tahun pada tanggal 1 April 2024 (lahir pada atau setelah 2 April 1989).
  2. Merupakan lulusan D4/S1/S2.
  3. Memilih bidang studi yang berada pada rumpun ilmu yang sama dengan bidang studi di jenjang pendidikan sebelumnya.
  4. Memiliki IPK akhir minimal 3.2 pada jenjang pendidikan sebelumnya.
  5. Melampirkan salah satu sertifikat kemampuan bahasa Inggris atau bahasa Jepang seperti di bawah ini, dengan skor diutamakan sebagai berikut:
    – TOEFL-PBT/ITP minimal 543;
    – TOEFL-iBT minimal 72;
    – IELTS minimal 5.5;
    – TOEIC L&R minimal 785;
    – TOEIC S&W minimal 310; atau
    – JLPT (Japanese Language Proficiency Test) minimal level 2/N2.
    Catatan: Sertifikat TOEFL/TOEIC yang dapat digunakan untuk mendaftar hanya terbitan dari ETS (TOEFL Like dan TOEFL Prediction tidak dapat digunakan). Untuk IELTS yang dapat digunakan untuk mendaftar hanya terbitan Universitas Cambridge, British Council, IALF dan IDP Education saja.
  6. Sehat jasmani dan rohani. Pelamar tidak diperbolehkan sedang dalam keadaan hamil selama proses seleksi berlangsung hingga keberangkatan ke Jepang bagi yang lolos seleksi.
  7. Bersedia belajar bahasa Jepang bagi yang belum menguasai bahasa Jepang.
  8. Memenuhi persyaratan akademik yang disebutkan di atas.
  9. Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/situasi berikut (lihat disini) tidak dapat mendaftar beasiswa program ini.

Baca Juga: Daftar Beasiswa 2023 – 2024 yang sedang dibuka

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN:

  1. 3 (Tiga) rangkap asli lembar print-out e-mail konfirmasi registrasi online, yang berisi nomor ujian peserta.
  2. a. 1 (Satu) rangkap asli dan 2 (Dua) rangkap fotocopy Formulir Pendaftaran 2024 yang diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang (DOWNLOAD FORMULIR PENDAFTARAN).
    b. 3 (Tiga) lembar Pasfoto berwarna formal ukuran 3,5 × 4,5 cm atau ukuran 3 x 4 cm. Latar polos, warna latar bebas (biru/merah/putih). Diambil 6 bulan terakhir. Pasfoto harus ditempel pada kotak untuk menempel foto yang tersedia pada Formulir Pendaftaran (Application Form 2024). Jangan melampirkan foto tanpa menempelkannya di application form. Cetak foto close up di kertas foto, bukan HVS atau sejenisnya. Pihak panitia tidak bertanggung jawab apabila pasfoto hilang karena tidak ditempel.
  3. 1 (Satu) rangkap asli dan 2 (Dua) rangkap fotocopy Placement Preference Application Form 2024 (DOWNLOAD FORM).
  4. 1 (Satu) rangkap asli dan 2 (Dua) rangkap fotocopy Field of Study and Research Plan (DOWNLOAD FORM) yang diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Rancangan penelitian (research plan) yang dibuat minimal mencakup unsur: 1) background; 2) reason; 3) objective; 4) methodology; 5) expected result; 6) reference. Apabila kotak isian pada formulir tidak cukup, silakan gunakan lembar terpisah sebagai tambahannya. Format huruf bebas.
  5. 1 (Satu) rangkap asli dan 2 (Dua) rangkap fotocopy Transkrip Nilai jenjang pendidikan terakhir yang telah dilegalisasi. Bagi lulusan S1/D4, transkrip nilai dari awal semester hingga akhir. Bagi lulusan S2, transkrip nilai seluruh semester S1/D4 dan seluruh semester S2
  6. 1 (Satu) rangkap asli dan 2 (Dua) rangkap fotocopy Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) jenjang pendidikan terakhir yang dilegalisasi. Bagi lulusan S1/D4, lampirkan ijazah S1/D4. Bagi lulusan S2, lampirkan ijazah S1/D4 dan ijazah S2.
  7. 1 (Satu) rangkap asli dan 2 (Dua) rangkap fotocopy Surat Rekomendasi dari rektor/dekan/ketua jurusan/dosen universitas jenjang pendidikan terakhir (salah satunya saja). Surat rekomendasi berisi mengenai pribadi pelamar dan ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Wajib dilampirkan bagi pelamar yang belum maupun sudah bekerja. Format bebas atau gunakan format berikut: DOWNLOAD FORMAT SURAT REKOMENDASI.
  8. 1 (Satu) rangkap asli dan 2 (Dua) rangkap fotocopy Surat Rekomendasi dari atasan atau supervisor bagi yang sedang bekerja saja. Surat rekomendasi berisi mengenai pribadi pelamar dan ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Bagi yang tidak bekerja, tidak perlu melampirkan dokumen ini. Format bebas atau gunakan format berikut: DOWNLOAD FORMAT SURAT REKOMENDASI.
  9. 1 (Satu) rangkap asli dan 2 (Dua) rangkap fotocopy Abstrak penelitian/skripsi/tesis/tugas akhir jenjang pendidikan terakhir. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Format abstrak bebas. Pastikan terdapat nama Anda pada lembar abstrak.
  10. 1 (Satu) rangkap asli dan 2 (Dua) rangkap fotocopy Portofolio hasil karya atau rekaman bagi yang memilih bidang seni atau desain. Lampirkan portofolio hasil karya/rekaman Anda. Format bebas. Bagi portofolio yang berbentuk dokumen, harap dikliping/dijilid agar tidak tercecer.
  11. 3 (Tiga) rangkap fotocopy sertifikat/hasil nilai TOEFL/IELTS/TOEIC/JLPT (lampirkan minimal satu jenis sertifikat). Bagi yang melampirkan JLPT, silakan lampirkan bersama dengan lembar skornya juga.
  12. 3 (Tiga) rangkap Fotocopy dokumen penunjang lainnya (jika ada). Anda dapat menyertakan sertifikat atau dokumentasi seperti: penghargaan di tingkat nasional/internasional; dan kegiatan penilitian/akademik lainnya dengan institusi atau profesor di Jepang yang menjadi salah satu pilihan Anda (maksimal 3 lembar).

CATATAN:

  1. Dokumen nomor 2. 3, 4, 7, 8 boleh diketik atau tulisan tangan. Gunakan tinta hitam. Pastikan tulisan dapat terbaca. Cara pengisian formulir terdapat pada bagian bawah setiap kolom yang tersedia di formulir. *Penulisan block letter yang dimaksud adalah penulisan dengan huruf balok (bukan huruf sambung/latin). Jangan menulis menggunakan huruf kapital pada semua huruf. Penggunaan huruf kapital sesuai dengan tata bahasa. Apabila dokumen diketik silakan gunakan minimal font 12, apabila ditulis tangan, pastikan tulisan rapi dan ukuran tidak terlalu kecil. Dokumen yang tidak dapat terbaca dengan jelas tidak akan diproses.
  2. Poin 2 – 11 dokumen wajib tertulis/ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang, selain itu tidak akan diproses
  3. Poin 5 dan 6, dokumen asli adalah dokumen fotokopi yang dilegalisasi/cap basah oleh pihak unversitas (termasuk bila dokumen hasil terjemahan di penerjemah tersumpah). Bila cap basah hanya dari penerjemah tersumpah, dokumen tidak akan diproses.
  4. Poin 7 dan 8, dokumen asli adalah dokumen yang ditandatangani asli, bukan hasil scan atau tandatangan digital (QR code).
  5. Bagi yang pernah menulis jurnal atau buku, tuliskan nama penulis, penerbit dan tahun terbit pada kolom yang tersedia di formulir.
    Jurnal atau buku tidak perlu dilampirkan.
  6. Dokumen dibuat dalam kertas ukuran A4. Untuk dokumen yang lebih besar dari A4, silakan lipat bagian bawah setiap lembaran dokumen tersebut menjadi seukuran A4.
  7. Kecuali portofolio, seluruh dokumen jangan di-steples, jangan dijilid, jangan dilubangi, cukup diklip agar tidak tercecer. Lubang bekas steples tidak masalah.
  8. Bagi yang ingin menggunakan klip, mohon untuk meminimalkan penggunaannya. Dianjurkan menggunakan 3 klip saja. Gunakan klip untuk setiap bundle, bukan setiap jenis dokumen.
  9. Dokumen dibuat sesuai dengan jumlah yang disebutkan. Dokumen disusun per-bundel/per-rangkap. Dalam satu bundel/rangkap, memuat dokumen dari poin 1 sampai 12 yang disusun sesuai urutan dengan rapi.
    Total bundel atau rangkap yang akan kami terima adalah sebanyak 3 buah (1 bundel/rangkap dokumen asli dan 2 bundel/rangkap dokumen fotokopi).
  10. Mohon untuk tidak melampirkan ijazah dan transkrip nilai yang asli. Khusus untuk kedua dokumen ini, silakan lampirkan fotokopinya saja.
  11. Untuk sertifikat kemampuan bahasa asing, apabila Anda kesulitan mencari instansi yang menyelenggarakan test di masa pandemi ini, silakan gunakan sertifikat sebelumnya yang dimiliki.
  12. Pelamar yang pendidikan terakhirnya adalah pendidikan profesi, mohon untuk melampirkan juga ijazah dan transkrip nilai pendidikan sarjananya.
  13. Lengkapi seluruh dokumen yang diperlukan sesuai instruksi. Dokumen yang tidak sesuai instruksi tidak akan diproses.

Baca Juga

CARA MENDAFTAR BEASISWA RESEARCH STUDENTS MONBUKAGAKUSHO TAHUN 2024:

  1. Untuk mendaftar Beasiswa Research Students Monbukagakusho, peserta dapat terlebih dulu melakukan pendaftaran online pada website berikut: http://daftar.beasiswamext.com/. Pilih tulisan Research Students. Masukkan data-data yang diminta.
  2. Setelah melakukan pendaftaran online, peserta akan mendapatkan e-mail konfirmasi. Silakan cetak e-mail tersebut dalam kertas ukuran A4 dan simpan Nomer Ujian yang diterima.
  3. Jika dalam 5 menit tidak menerima email konfirmasi, cek kotak spam atau junk email atau all email pada email yang sudah dimasukkan saat pendaftaran. Apabila tidak ada pada inbox maupun kotak spam, silakan menghubungi melalui email: beasiswa@dj.mofa.go.jp.
  4. Kemudian lengkapi berkas dokumen yang dibutuhkan sesuai instruksi. Seluruh dokumen yang sudah dilengkapi, disusun sesuai urutan dan dimasukkan ke dalam 1 amplop besar (ukuran bebas). Cantumkan kode “Research Student 2024_[nomor ujian]” pada kanan atas amplop. (Landscape)
  5. Berkas dikirimkan pada alamat berikut:
    Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan)
    Kedutaan Besar Jepang
    Jl. M.H. Thamrin No. 24. Jakarta 10350
  6. Panitia Beasiswa Research Students Monbukagakusho tidak menerima berkas dokumen yang dikirimkan melalui jasa pengiriman ojek online.
  7. Batas waktu pendaftaran Beasiswa Research Students Monbukagakusho sampai dengan 15 MEI 2023. Berkas sudah harus tiba di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat 15 Mei 2023 pukul 23.59 WIB.

JADWAL SELEKSI BEASISWA RESEARCH STUDENTS MONBUKAGAKUSHO:

  1. Masa Pendaftaran: 25 April – 15 Mei 2023
  2. Pengumuman Hasil Seleksi Dokumen: 15 Juni 2023 (paling lambat pukul 23.59)
    Pengumuman akan ditampilkan pada website resmi Kedutaan Besar Jepang: https://www.id.emb-japan.go.jp dengan menampilkan nomer ujian peserta
  3. Ujian Tulis (diadakan secara serentak di Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar): Akhir Juni 2023*
  4. Pengumuman Hasil Ujian Tulis: Pertengahan Juli 2023*
  5. Ujian Wawancara (diadakan di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta): Akhir Juli 2023*
    Biaya transportasi dan akomodasi tidak ditanggung oleh Kedutaan Besar Jepang
  6. Pengumuman Hasil Ujian Wawancara: Awal Agustus 2023*
  7. Bagi yang lulus primary screening, Kedutaan Besar Jepang akan merekomendasikan ke Monbukagakusho/MEXT. Berkas peserta Beasiswa Research Students akan bersaing dengan berkas peserta dari negara lain pada tahap ini
  8. Peserta yang telah lulus sampai tahap ini akan diberikan surat keterangan lulus primary screening dan berkas yang telah dicap oleh Kedutaan Besar Jepang, sebagai persyaratan untuk mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) dari universitas di Jepang
  9. Pencarian LoA (Letter of Acceptance): Agustus 2023*
  10. Pengumuman Final dari MEXT: Januari/Februari 2024*
  11. Keberangkatan ke Jepang: April 2024 / Oktober 2024
    NOTE: *Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu.

Pihak Info Beasiswa bukan bertindak sebagai panitia penyelenggara, sehingga apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai Beasiswa Research Students Monbukagakusho dapat menghubungi kontak berikut:
Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan) Kedutaan Besar Jepang
Telp. (021) 3192-4308
E-mail: beasiswa@dj.mofa.go.jp
Sumber Website Resmi: https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs2024.html

Silakan dibagikan pada rekan-rekan yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.