Beasiswa Kutim 2024 untuk Pelajar SMA/SMK/MA/SLB/Sederajat di Kutai Timur

Info Beasiswa – Kabar baik bagi putra/i berdomisili Kabupaten Kutai Timur! Dilansir dari website resmi beasiswa.kutaitimurkab.go.id, saat ini Pemerintah Kabupaten Kutai Timur kembali menyelenggarakan Program Beasiswa Kutim 2024 bagi siswa SMA/SMK/MA/SLB/Sederajat. Berikut informasi selengkapnya.

Beasiswa Kutai Timur (Kutim) 2024

Beasiswa Kutai Timur merupakan salah satu di antara 7 Program Unggulan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur di Bidang Pendidikan, yang bertujuan meningkatkan taraf pendidikan masyarakat, sehingga dapat mewujudkan masyarakat Kutai Timur yang berakhlak mulia, berbudaya dan bersatu. Pemerintah Kabupaten Kutai Timur akan memberikan bantuan beasiswa bagi putra dan putri Kutai Timur yang mengikuti pendidikan tinggi sampai dengan tuntas dan stimulan dengan syarat dan ketentuan berlaku.

  1. Meningkatkan motivasi belajar dan prestasi Siswa asal kabupaten Kutai Timur termasuk mereka yang menghadapi kendala ekonomi.
  2. Meningkatkan akses dan kesempatan belajar bagi masyarakat Kutai Timur yang berpotensi memiliki prestasi di bidang akademik, non akademik dan/atau kurang mampu secara ekonomi.
  3. Membantu keberlangsungan studi Siswa.
  4. Meningkatkan prestasi akademik Siswa.
  5. Menimbulkan dampak positif bagi Siswa untuk selalu meningkatkan prestasi.
  6. Melahirkan lulusan yang kompeten, mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial, sehingga mampu berperan dalam upaya pengentasan kemiskinan.
  7. Meningkatkan keterampilan Siswa.
  1. Siswa yang berasal dari Kabupaten Kutai Timur.
  2. Sedang menempuh pendidikan SMA/SMK/MA/SLB/Sederajat di wilayah Kabupaten Kutai Timur.
  3. Beasiswa ini dibuka juga bagi lulusan SMK/Sederajat yang sedang mengikuti sertifikasi keterampilan di Lembaga Sertifikasi Profesi.

Beasiswa untuk pelajar SMA Sederajat ini diberikan sesuai kemampuan keuangan daerah pada tahun anggaran berjalan dengan besaran dana bantuan bervariasi menurut jenjang Pendidikan yang tercantum dalam Surat Keputusan (SK) Bupati.

Baca Juga:

  1. Beasiswa Stimulan Siswa – Umum, diberikan kepada siswa yang memiliki:
    • prestasi akademik;
    • prestasi non-akademik
  2. Beasiswa Stimulan Siswa – Khusus, diberikan kepada siswa:
    • miskin;
    • anak berkebutuhan khusus;
    • Anak/Cucu Veteran;
    • penghafal kitab suci Alquran (Hafidz/Hafidzoh) 1-30 Juz; atau
    • berdasarkan pertimbangan/kejadian khusus.
  3. Beasiswa Stimulan Sertifikasi Keahlian (P3), diberikan kepada Lulusan SMK/Sederajat yang telah lulus maksimal 2 tahun terakhir dan sedang mengikuti sertifikasi Keahlian di Lembaga Sertifikasi Profesi.
  1. Beasiswa Stimulan Siswa – Umum
    • Prestasi Non-Akademik
      Melampirkan Surat keterangan Prestasi Non-Akademik yang dikeluarkan oleh satuan pendidikan berdasarkan Sertifikat/Piagam/Penghargaan kejuaran di bidang keagamaan, Pendidikan, Sains, Seni Budaya dan Olahraga yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek, MUI, KONI dan/atau pengurus cabang olahraga minimal tingkat kabupaten, kategori juara 1, 2 dan 3, yang di proleh tahun 2022, 2023 atau 2024 sesuai dengan format yang telah disediakan.
  2. Beasiswa Stimulan Siswa – Khusus, untuk kategori siswa:
    • a. Miskin
      Melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh satuan pendidikan sesuai dengan format yang telah disediakan.
    • b. Anak Berkebutuhan Khusus
      Melampirkan Surat Keterangan Anak Berkebutuhan Khusus yang dikeluarkan oleh satuan pendidikan sesuai dengan format yang telah disediakan.
    • c. Anak/cucu veteran
      Melampirkan Surat Keterangan anak/cucu veteran yang dikeluakan oleh satuan Pendidikan berdasarkan Surat Keterangan Anak Kandung atau Cucu Veteran dari Legiun Veteran sesuai dengan format yang telah disediakan.
    • d. Penghafal Kitab Suci Al-Qur’an (Hafidz/Hafidzoh) (1 Juz-30 Juz)
      Melampirkan Surat keterangan penghafal kitab suci Al-Qur’an dikeluarkan olch satuan pendidikan berdasarkan sertifikat/Syahadah yang berbahasa Arab diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia oleh Lembaga Penyelenggara Pendidikan sesuai dengan format yang telah disediakan
  3. Beasiswa Stimulan Sertifikasi Keahlian (P3)
    Melampirkan Surat keterangan sedang mengikuti sertifikasi keahlian dikeluarkan oleh satuan pendidikan berdasarkan surat keterangan sedang mengikuti sertifikasi keahlian dari lembaga penyelenggara sertifikasi.

CATATAN:
FORMAT SURAT DISEDIAKAN PADA WEBSITE BERIKUT: sekolah-beasiswa.kutaitimurkab.go.id
.

  1. Satuan Pendidikan melakukan pendataan siswa ke dalam website:
    sekolah-beasiswa.kutaitimurkab.go.id. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 12 SEPTEMBER 2024.
  2. Satuan Pendidikan mengunggah data siswa warga Kutai Timur yang akan didaftarkan, menentukan kurikulum yang digunakan (kurikulum 2013, kurikulum 2013 Rev., Kurikulum Merdeka), jumlah mata pelajaran, total nilai pengetahuan dan total Keterampilan yang ada pada rapot ke dalam dalam website: sekolah-beasiswa.kutaitimurkab.go.id.
  3. Calon Pendaftar Beasiswa Stimulan Siswa melakukan pendaftaran dengan masuk ke website: sekolah-beasiswa.kutaitimurkab.go.id kemudian klik STIMULAN SISWA.
  4. Satuan Pendidikan menentukan/memilihkan kategori beasiswa.
  5. TIM BKT (Beasiswa Kutai Timur) melakukan verifikasi terhadap data yang masuk dan menentukan jumlah calon penerima per kategori berdasarkan hasil seleksi per kecamatan.
  6. Calon penerima beasiswa diharuskan untuk melengkapi persyaratan administrasi yang diperlukan berupa:
    a. Nomor Rekening Bank (BRI, MANDIRI, dan BPD) yang Aktif dan Benar atas nama calon penerima beasiswa sesuai Bank yang dipilih saat mendaftar dengan nomor rekening aktif paling lama 2 bulan terakhir.
    b. Surat keterangan sesuai format yang disediakan pada website: sekolah-beasiswa.kutaitimurkab.go.id.
  7. Tim BKT menyiapkan surat keputusan Bupati tentang daftar penerima Beasiswa Kutai Timur Kategori Stimulan Siswa.
  8. Penyaluran dilaksanakan oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat di Sekretariat Kabupaten Kutai Timur berdasarkan SK Bupati yang terbit.
  9. Siswa/i yang terpilih menjadi penerima beasiswa akan mendapatkan pemberitahuan melalui website: sekolah-beasiswa.kutaitimurkab.go.id.

Baca Juga: Daftar Beasiswa 2024 – 2025 yang sedang dibuka

Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai Beasiswa Kutim 2024 dapat membaca JUKNIS berikut: https://beasiswa.kutaitimurkab.go.id/syarat-dan-ketentuan/stimulan-siswa atau menghubungi kontak:
Instagram dan Telegram: @beasiswakutim
Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Timur
Jl. Bukit Pelangi, Tik. Lingga, Kec. Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur 75683
Sumber Website Resmi: https://beasiswa.kutaitimurkab.go.id/informasi/pengumuman

Silakan bagikan pada teman-teman yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.