Beasiswa Kuliah di Jepang D2 – D3 Tahun 2025 FULL Scholarship untuk Lulusan SMA/SMK/Sederajat

Info Beasiswa – Selain Program Beasiswa Kuliah di Jepang S1 (Gakubu) yang ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/MEXT). Ada juga Progam Beasiswa D2 (SENSHU) dan D3 (KOSEN) untuk melanjutkan kuliah di Jepang bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat. Beasiswa yang diberikan bersifat penuh (FULL Scholarship).

Beasiswa Kuliah di Jepang Tahun 2025 oleh Monbukagakusho

CAKUPAN BEASISWA KULIAH DI JEPANG PROGRAM SENSHU DAN KOSEN

  1. Gratis biaya perkuliahan (termasuk biaya sekolah persiapan)
  2. Tunjangan hidup kurang lebih ¥117.000 setiap bulan
  3. Tiket pesawat PP Indonesia – Jepang
  4. Bebas biaya pengurusan visa pelajar
  5. Beasiswa tidak bersifat ikatan dinas
  6. Gratis biaya pendaftaran dan biaya seleksi

Sebagai informasi, peserta tidak boleh mendaftar program GAKUBU (S1), KOSEN (D3), SENSHU (D2) sekaligus. Pihak panitia akan langsung mendiskualifikasi peserta yang mendaftar lebih dari satu program beasiswa dari Monbukagakusho/MEXT. Untuk Program Beasiswa Kuliah di Jepang S1 (Gakubu) dibahas pada artikel berikut: Beasiswa S1 Jepang Monbukagakusho. Berikut ini informasi Beasiswa D2 (SENSHU) dan Beasiswa D3 (KOSEN) di Jepang.


A. PROGRAM SPECIALIZED TRAINING COLLEGE (SENSHU)

Specialized Training College merupakan sekolah kejuruan setingkat diploma. Lulusannya diharapkan dapat mendukung beragam industri yang memiliki potensi berkembang tinggi di pasar dunia. Setelah lulus dari college, siswa dapat melanjutkan ke jenjang Undergraduate (S-1) sebagai mahasiswa tahun ketiga. Periode penerimaan beasiswa juga dapat diperpanjang tergantung dari prestasi selama di college dan hasil seleksi.*

DURASI BEASISWA KULIAH DI JEPANG PROGRAM SENSHU

Para penerima beasiswa akan belajar bahasa Jepang di sekolah persiapan selama 1 tahun di Jepang sebelum memasuki perkuliahan. Total masa belajar (1 tahun sekolah persiapan + 2 tahun Specialized Training College) yaitu 3 tahun.

PILIHAN BIDANG STUDI BEASISWA KULIAH DI JEPANG PROGRAM SENSHU

  1. Technology: Civil Engineering and Architecture, Electrical and Electronic Engineering, Mechanical Engineering, Wireless Communication, Computer, Information Processing, Other Subjects
  2. Personal Care and Nutrition: Nutrition, Cooking and Confectionery, Bakery, Cosmetology and Barber, Other Subjects
  3. Education and Welfare: Nursery Teacher Training, Nursing Welfare, Other Subjects
  4. Business: Management, Accounting and Bookkeeping, Business, Commercial, Travel, Other Subjects
  5. Fashion and Home Economics: Japanese/Western Dressmaking, Other Subjects
  6. Culture and General Education: Music, Film and Video, Animation, Manga and Illustration, Art, Design, Photography, Interpretation and Translation, Other Subjects

Pelamar dapat memilih maksimal 2 Subjects dalam 1 Field of Study yang sama. Pelamar dapat memilih Other Field/Subjects kemudian menuliskan dengan jelas apa yang ingin dipelajari di formulir pendaftaran. Pilihan bidang studi selengkapnya bisa dilihat pada File berikut: DOWNLOAD.

Dalam program ini, peserta hanya bisa memilih jurusan saja. Untuk program SENSHU, college anda akan ditentukan oleh pemerintah Jepang.

PERSYARATAN BEASISWA KULIAH DI JEPANG PROGRAM SENSHU

  1. Merupakan lulusan sekolah formal tingkat SMA/SMK/Sederajat dari Semua Jurusan.
  2. Berusia maksimal 24 tahun pada tanggal 1 April 2025 (peserta yang lahir minimal 2 April 2000).
  3. Nilai pengetahuan semester 4 dan 5, minimal 80 untuk masing-masing mata pelajaran pada masing-masing semester; Matematika wajib/umum dan Bahasa Inggris wajib/umum.
  4. Apabila nilai salah satu mata pelajaran yang disebutkan kurang dari 80, tetap bisa mendaftar dengan melampirkan sertifikat:
    a. Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level N4
    b. J-Test minmal level D-E (350 poin)
    c. NAT-Test minimal level 4
    d. EJU minimal 240 poin untuk tes Bahasa Jepang
  5. Bagi peserta yang mempunyai nilai EJU mata pelajaran apapun akan mendapatkan poin tambahan.
  6. Bagi peserta yang memiliki salah satu kondisi/situasi berikut (lihat disini) tidak dapat mendaftar Beasiswa Monbukagakusho.
  7. Jika pelamar belum bisa berbahasa Jepang tetap wajib mengikuti ujian bahasa Jepang. Silakan isi lembar jawaban sebisa mungkin sesuai kemampuan Anda. Pertanyaan lain seputar Beasiswa Kuliah di Jepang Monbukagakusho dapat dibuka pada link berikut: FAQ Senshu.

B. PROGRAM COLLEGE OF TECHNOLOGY (KOSEN)

College of Technology merupakan sekolah yang berfokus pada studi teknik yang sebagian besar terdiri dari eksperimen dan latihan-latihan praktik. Lulusan program ini diharapkan dapat menjadi ahli teknik (insinyur).

College of Technology memiliki program belajar yang dirancang selama 5 tahun bagi lulusan SMP di Jepang. Khusus bagi penerima beasiswa kuliah di Jepang program KOSEN, akan masuk ke College of Technology sebagai siswa tahun ketiga. Untuk program Kosen, penerima beasiswa Monbukagakusho akan bersekolah di National Institute of Technology (KOSEN) dan pemilihan lokasi KOSEN akan bergantung pada performa studi selama di sekolah persiapan dan juga jurusan pilihan Anda. Lokasi National Institute of Technology (KOSEN) tersebar di seluruh Jepang.

Setelah lulus dari college, siswa dapat melanjutkan ke jenjang Undergraduate (S1) sebagai mahasiswa tahun ketiga. Periode penerimaan beasiswa juga dapat diperpanjang tergantung prestasi selama di college dan hasil seleksi.

DURASI BEASISWA KULIAH DI JEPANG PROGRAM KOSEN

Para penerima beasiswa kuliah di Jepang akan terlebih dulu belajar bahasa Jepang di sekolah persiapan selama 1 tahun di Tokyo sebelum memasuki perkuliahan di College of Technology. Total masa belajar yaitu 4 tahun, khusus bagi yang memilih bidang studi Maritime Engineering total masa belajar yaitu 4,5 tahun.

PILIHAN BIDANG STUDI BEASISWA KULIAH DI JEPANG PROGRAM KOSEN

  1. Fisika: (A) Mechanical Engineering; (B) Electrical and Electronic Engineering; (C) Information, Communication and Network Engineering; (E) Architecture; (F) Civil Engineering; (G) Maritime Engineering; (H) Other Fields.
  2. Kimia: (D) Materials Engineering; (H) Other Fields.

Pelamar dapat memilih maksimal 3 bidang studi yang sesuai dengan kategorinya (Kimia/Fisika). Untuk informasi detail mengenai bidang studi dapat dipelajari pada File berikut: DOWNLOAD.

Pada saat mendaftar, peserta hanya bisa memilih jurusan saja. Untuk program KOSEN, peserta akan bersekolah di National Institute of Technology (KOSEN) dan pemilihan lokasi KOSEN para peserta akan bergantung pada performa studi selama di sekolah persiapan dan juga pilihan jurusan. Lokasi National Institute of Technology (KOSEN) tersebar di seluruh Jepang.

PERSYARATAN BEASISWA KULIAH DI JEPANG PROGRAM KOSEN

  1. Merupakan lulusan sekolah formal tingkat SMA/MA/Pondok Pesantren/International School/SMK Jurusan IPA. Untuk lulusan SMK bisa mendaftar program KOSEN asalkan berasal dari jurusan pada ranah IPA.
  2. Berusia maksimal 24 tahun pada tanggal 1 April 2025 (Peserta yang lahir minimal 2 April 2000).
  3. Nilai pengetahuan semester 4 dan 5, minimal 80 untuk masing-masing mata pelajaran pada masing-masing; Matematika wajib/umum dan Bahasa Inggris wajib/umum.
  4. Bagi peserta yang memiliki nilai EJU mata pelajaran apapun akan menjadi poin tambahan.
  5. Bagi peserta yang memiliki salah satu kondisi/situasi berikut (lihat disini) tidak dapat mendaftar Beasiswa Monbukagakusho.
  6. Jika pelamar belum bisa berbahasa Jepang tetap wajib mengikuti ujian bahasa Jepang. Silakan isi lembar jawaban sebisa mungkin sesuai kemampuan Anda. Pertanyaan lain seputar Beasiswa Kuliah di Jepang Monbukagakusho dapat dibuka pada link berikut: FAQ Kosen.

Baca Juga

Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi Beasiswa?

CARA MENDAFTAR BEASISWA KULIAH DI JEPANG PROGRAM SENSHU DAN KOSEN

  1. Untuk mendaftar Beasiswa Kuliah di Jepang Program SENSHU dan KOSEN, peserta dapat terlebih dulu melakukan pendaftaran online pada website berikut: http://daftar.beasiswamext.com/. Pilih tulisan Gakubu, Kosen, Senshu. Pilih Program yang diinginkan, bidang studi yang akan diambil serta data-data yang diminta lainnya. Saat registrasi masukkan alamat email yang paling sering digunakan.
  2. Setelah melakukan pendaftaran online, peserta akan mendapatkan e-mail konfirmasi. Silakan cetak e-mail tersebut dalam kertas ukuran A4 dan simpan Nomer Ujian yang diterima.
  3. Jika dalam 5 menit tidak menerima email konfirmasi, cek kotak spam atau junk email atau all email pada email yang sudah dimasukkan saat pendaftaran. Apabila tidak ada pada inbox maupun kotak spam, silakan menghubungi melalui email: beasiswa@dj.mofa.go.jp dengan mencantumkan nama dan program yang diambil serta melampirkan scan Ijazah/SKL (Surat Keterangan Lulus).
  4. Kemudian lengkapi berkas dokumen yang dibutuhkan. Berikut informasi persyaratan dokumen Program SENSHU dan Program KOSEN.
  5. Seluruh dokumen yang sudah dilengkapi, disusun sesuai urutan dan dimasukkan ke dalam 1 amplop besar (ukuran bebas). Cantumkan kode Senshu 2025_[nomor ujian] atau KOSEN 2025_[nomor ujian] pada kanan atas amplop.
  6. Berkas dikirimkan pada alamat berikut:
    Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan)
    Kedutaan Besar Jepang
    Jl. M.H. Thamrin No. 24. Jakarta 10350
  7. Batas waktu pendaftaran Beasiswa Kuliah di Jepang Program SENSHU dan KOSEN sampai dengan 8 Mei 2024. Berkas sudah harus tiba di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat 8 Mei 2024 pukul 23.59 WIB.

Baca Juga: Daftar Beasiswa Kuliah S1 untuk Lulusan SMA/SMK/Sederajat yang sedang dibuka

Pihak Info Beasiswa bukan bertindak sebagai panitia penyelenggara, sehingga apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai Beasiswa Kuliah di Jepang Program SENSHU dan KOSEN dapat menghubungi kontak berikut:
Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan) Kedutaan Besar Jepang
Telp. (021) 3192-4308
E-mail: beasiswa@dj.mofa.go.jp

Sumber Informasi Resmi: https://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html
Silakan membagikan informasi mengenai Beasiswa Kuliah di Jepang Program SENSHU dan KOSEN tersebut pada rekan-rekan yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.