Program Beasiswa Kalla Tahun 2024 untuk Mahasiswa Sulawesi Kuliah D3, D4 dan S1

Info Beasiswa – Kabar baik bagi kalian mahasiswa yang berasal dari Sulawesi! Saat ini Yayasan Hadji Kalla kembali membuka Program Beasiswa Kalla Tahun 2024 untuk mahasiswa yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Barat (Sulbar), Sulawesi Tengah (Sulteng), dan Sulawesi Tenggara (Sultra). Berikut informasi selengkapnya.

Beasiswa Kalla untuk Mahasiswa dari Sulawesi

Program Beasiswa Kalla diselenggarakan oleh LAZ (Lembaga Amil Zakat) Kalla untuk membantu mahasiswa di Provinsi Sulawesi Selatan, Tengah, Barat dan Tenggara untuk dapat melanjutkan pendidikan
tinggi dengan memberikan bantuan pendidikan serta menciptakan mahasiswa penerima beasiswa yang memiliki kapasitas kepemimpinan yang kuat dan motivasi tinggi untuk berkontribusi memberikan dampak perubahan baik untuk Indonesia.

Berapa Bantuan yang diberikan oleh Beasiswa Kalla?

  1. Pemberian Biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) maksimal Rp. 7.500.000,- bagi masing-masing penerima beasiswa. Beasiswa diberikan dari semester 3 sampai dengan semester 8 atau apabila mahasiswa tersebut lulus kuliah.
  2. Peningkatan kapasitas kepemimpinan berupa pelatihan kepemimpinan dan pemberdayaan untuk melakukan project sosial.
  3. Peningkatan kapasitas sosial berupa kegiatan pengabdian masyarakat mahasiswa penerima beasiswa di desa binaan Yayasan Kalla (Program Desa Bangkit Sejahtera).
  4. Kesempatan untuk dapat meningkatkan kapasitas dan pengalaman kerja melalui magang di Kalla.
  5. Memberi kesempatan penerima beasiswa Kalla untuk mengikuti kelas-kelas rutin pengembangan diri.

Apa Saja Persyaratan Umum Beasiswa Kalla?

  1. Penerima Beasiswa Kalla merupakan Warga Negara Indonesia yang berasal atau berdomisili di provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi tengah, dan Sulawesi Tenggara.
  2. Sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi atau yang setara jenjang D3, D4 dan S1 baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.
  3. Menjalani semester 2 saat mendaftar Beasiswa Kalla. Khusus untuk pendaftar jalur Desa Binaan DBS, mahasiswa yang dapat mendaftar yaitu yang sedang menempuh semester 2 – 6.
  4. Mahasiswa berasal dari keluarga yang ekonomi tidak mampu (pra-sejahtera) sehingga membutuhkan bantuan finansial tambahan untuk meneruskan pendidikan tinggi, yang dibuktikan dengan keterangan penghasilan kedua orang tua dan foto tampak rumah tempat tinggal.
  5. Memenuhi persyaratan khusus dari salah satu jalur penerima Beasiswa Kalla berikut ini:
    (1) Jalur Prestasi Akademik 1,
    (2) Jalur Prestasi Akademik 2,
    (3) Jalur Hafiz Alquran,
    (4) Jalur Prestasi di Bidang Olahraga dan Seni,
    (5) Jalur Keaktifan Berorganisasi,
    (6) Jalur Disabilitas, dan
    (7) Jalur Desa Bangkit Sejahtera (DBS).
  6. Bersedia mengikuti rangkaian kegiatan peningkatan kapasitas program Beasiswa Kalla.
  7. Bersedia mengikuti rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat di desa binaan LAZ Kalla.

Baca Juga

Persyaratan Khusus Jalur Akademik 1

  1. Menempuh pendidikan di salah satu 10 perguruan tinggi terbaik yang ada di Indonesia. Berikut ini adalah daftar 10 Universitas terbaik di Indonesia tahun 2024 (QS World University Rankings, 2024):
    • Ranking 1 Universitas Indonesia (UI)
    • Ranking 2 Universitas Gadjah Mada (UGM)
    • Ranking 3 Institut Teknologi Bandung (ITB)
    • Ranking 4 Universitas Airlangga
    • Ranking 5 Universitas Pertanian Bogor (IPB)
    • Ranking 6 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya
    • Ranking 7 Universitas Padjadjaran (Unpad)
    • Ranking 8 Universitas Diponegoro (Undip)
    • Ranking 9 Universitas Brawijaya
    • Ranking 10 Universitas Bina Nusantara (Binus)
  2. Memiliki prestasi akademik yang dibuktikan dengan memiliki IPK minimal 3,5 & IP tiap semester minimal 3,0.

Persyaratan Khusus Jalur Akademik 2

  1. Menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi yang berada di 4 provinsi berikut yaitu provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi tengah, dan Sulawesi Tenggara.
  2. Memiliki prestasi akademik yang dibuktikan dengan memiliki IP & IPK minimal 3,0.

Persyaratan Khusus Jalur Hafiz Alquran

  1. Menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi kampus yang berada di 4 provinsi berikut yaitu: Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi tengah, dan Sulawesi Tenggara
  2. Memiliki kemampuan menghafalkan Alquran yang dibuktikan dengan surat keterangan dari lembaga yang terpercaya dan relevan yang menunjukkan jumlah hafalan Al Quran minimal 5 juz.

Persyaratan Khusus Jalur Prestasi di Bidang Olahraga dan Seni

  1. Merupakan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi yang berada di 4 provinsi berikut yaitu provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara
  2. Memiliki prestasi di salah satu bidang seni atau olahraga, seperti penghargaan, mulai dari tingkat lokal/ regional/ nasional/ internasional, yang dibuktikan dengan sertifikat atau keterangan prestasi yang telah diraih.

Persyaratan Jalur Prestasi di Bidang Keaktifan Organisasi

  1. Merupakan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi yang berada di 4 provinsi berikut yaitu provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara
  2. Pernah memimpin organisasi intra/ ekstra di tingkat lokal/ regional/ nasional/ internasional yang dibuktikan dengan sertifikat atau keterangan lembaga terkait
  3. Aktif di organisasi kemahasiswaan baik intra atau ekstra kampus yang dibuktikan dengan surat keterangan dari lembaga yang terpercaya dan relevan

Persyaratan Jalur Disabilitas

  1. Menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi yang berada di 4 provinsi berikut yaitu provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi tengah, dan Sulawesi Tenggara
  2. Memiliki disabilitas yang dibuktikan dengan surat keterangan dari lembaga yang terpercaya dan relevan

Persyaratan Jalur Desa Binaan (DBS)

  1. Menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi yang berada di 4 provinsi berikut yaitu provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara
  2. Merupakan warga desa yang telah atau sementara dibina LAZ Hadji Kalla dalam program Desa bangkit Sejahtera (DBS) yang dibuktikan dengan surat rekomendasi dari kepala desa
  3. Menempuh pendidikan tinggi pada semester 2 dan maksimal semester 6 pada saat mendaftar.
  4. Mendapatkan rekomendasi dari Fasilitator Program Desa Bangkit Sejahtera (DBS) LAZ Kalla yang sedang atau pernah bertugas di desa tersebut

Cara Mendaftar Beasiswa Mahasiswa Sulawesi

  1. Untuk mendaftar Beasiswa Kalla, peserta dapat mengisi formulir pendaftaran online pada link berikut: https://www.yayasanhadjikalla.or.id/educare/beasiswa-kalla/. Klik tulisan menu Pendaftaran.
  2. Batas waktu pendaftaran Tahap 1 sampai dengan 6 APRIL 2024.
  3. Apabila kuota pendaftar masih tersedia, maka akan dibuka pendaftaran Beasiswa Tahap 2 pada tanggal 15 – 30 April 2024.
  4. Ada 2 tahapan seleksi dalam program Beasiswa Kalla yaitu seleksi administrasi dan wawancara. Proses verifikasi berkas dan seleksi ketat akan dijalankan langsung oleh Tim Yayasan Hadji Kalla dalam program ini.
  5. Pengumuman penerima Beasiswa Kalla yang diterima akan diumumkan melalui website Yayasan Hadji Kalla di alamat website: www.yayasanhadjikalla.or.id dan disosialisasikan melalui instagram Yayasan Hadji Kalla dengan akun: @yayasankalla.

Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai Program Beasiswa Mahasiswa Sulawesi dapat menghubungi kontak berikut:
Wisma Kalla
Jl. DR. Ratulangi No. 8
Kunjung Mae, Kec. Mariso, Kota Makassar
Sulawesi Selatan
Instagram: @yayasankalla

Kalla Care: 0811 4414 030 atau 0411-3000103
Sumber Informasi Resmi: https://www.yayasanhadjikalla.co.id/educare/beasiswa-kalla.

Silakan dibagikan pada yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.