Beasiswa ILF 2024 Bantuan Biaya Kuliah untuk Calon Mahasiswa Kristen dan Katolik

Info Beasiswa – Bagi kamu lulusan SMA/SMK/Sederajat yang beragama Kristen atau Katolik, ada tawaran Beasiswa ILF untuk melanjutkan kuliah S1 di berbagai universitas di Indonesia yang bisa kamu coba! Program ILF Scholarship 2024 ditawarkan oleh Indonesian Leadership Foundation (ILF) bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat tahun 2022, 2023 dan 2024. Berikut informasi selengkapnya mengenai Beasiswa ILF.

Beasiswa ILF 2024 untuk Calon Mahasiswa S1

Program Beasiswa ILF diselenggarakan oleh Indonesian Leadership Foundation (ILF), sebuah organisasi non-profit Kristen yang dibentuk oleh beberapa warga Indonesia dan Amerika pada tahun 2010 di Maryland, Amerika Serikat. ILF bertujuan untuk mengembangkan pemimpin masa depan Indonesia yang kompeten dan berwawasan luas yang akan membawa dampak transformasi di Indonesia.

Beasiswa ILF adalah beasiswa yang ditujukan bagi siswa-siswi lulusan SMA/sederajat yang membutuhkan bantuan keuangan untuk melanjutkan pendidikan S1 ke Perguruan Tinggi/Universitas untuk pertama kalinya di tahun program Beasiswa. Beasiswa ILF TIDAK diperuntukkan bagi mahasiswa yang sudah atau sedang aktif (on-going) menjalani perkuliahan di Perguruan Tinggi.

Program beasiswa ini berlaku untuk semua jurusan program sarjana Strata 1 (S1) – kelas reguler dan BUKAN kelas internasional maupun D4 atau S1 Terapan, – di seluruh universitas/ perguruan tinggi yang terakreditasi di Indonesia.

Cakupan Beasiswa

Program Beasiswa 2024 dari ILF diberikan dalam bentuk bantuan biaya kuliah per semester (uang SPP/UKT) selama maksimal 8 (delapan) semester dengan syarat penerima beasiswa dapat mempertahankan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) tiap semester minimum 3.0 (skala 4.0).

Biaya lain seperti uang pendaftaran, uang pangkal, biaya matrikulasi, buku, uang saku, penelitian, skripsi, akomodasi dan transportasi serta biaya lain di luar SPP/UKT tidak termasuk dalam cakupan Beasiswa ILF. Pihak ILF tidak mengizinkan penerima beasiswa mendapatkan beasiswa ganda yang juga membiayai SPP kuliah per semester. Namun, penerima beasiswa diperbolehkan mencari beasiswa lain untuk membiayai biaya perkuliahan lainnya yang tidak ditanggung oleh ILF, seperti uang pangkal, uang buku, biaya hidup, dll.

Tidak ada ikatan kerja yang diberlakukan ILF, tetapi penerima beasiswa diwajibkan untuk menjadi relawan di ILF selama minimal satu tahun setelah lulus kuliah, dengan tugas membantu Pengurus ILF dalam beberapa kegiatan ILF, seperti penyelenggaraan webinar, program Be Bless 10, dan sebagainya, sesuai dengan talenta, kemampuan, lokasi, dan pekerjaan Penerima Beasiswa tersebut.

Baca Juga

Apa Saja Persyaratan Beasiswa untuk Calon Mahasiswa Kristen/Katolik dari ILF?

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia. Dibuka untuk peserta dari seluruh wilayah di Indonesia.
  2. Beragama Kristen atau Katolik.
  3. Memiliki nilai akademis yang baik.
  4. Merupakan ulusan SMA/ SMK/ yang sederajat pada tahun 2024 atau maksimal 2 tahun sebelumnya (lulusan tahun 2022 dan 2023).
  5. Membutuhkan bantuan keuangan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 (tidak termasuk Sarjana Terapan atau D4). Peserta dapat memilih sendiri jurusan Program Sarjana (S1) dan perguruan tinggi yang terakreditasi yang ada di Indonesia (dibuka untuk semua jurusan).
  6. Mendaftar sebagai mahasiswa baru tahun 2024 di salah satu program studi di Perguruan Tinggi (Universitas/ Institut/ Sekolah Tinggi) negeri maupun swasta yang terakreditasi di Indonesia.
  7. Memiliki pengalaman dan kualitas kepemimpinan serta berpotensi memegang fungsi kepemimpinan di masa mendatang.
  8. Mengisi formulir aplikasi Beasiswa ILF 2024 secara jelas dan lengkap disertai dengan dokumen-dokumen pendukung yang dipersyaratkan.
  9. Bersedia menjadi relawan paruh waktu ILF (yang bertugas membantu Pengurus ILF dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan secara daring ataupun luring) selama minimal 1 (satu) tahun setelah lulus kuliah.
  1. Formulir Pendaftaran Beasiswa ILF 2024 (link download Formulir akan disediakan ketika pendaftaran beasiswa dibuka tanggal 1 April 2024)
  2. Scan nilai rapor SMA/SMK/sederajat mulai dari kelas X
  3. Scan slip gaji orang tua selama 3 (tiga) bulan terakhir (untuk jenis pekerjaan yang memiliki slip gaji) atau Scan surat keterangan penghasilan orang tua dari Kelurahan setempat (untuk jenis pekerjaan yang tidak memiliki slip gaji) yang minimal menyebutkan jenis pekerjaan orang tua, bidang usaha, gaji rata-rata selama 3 (tiga) bulan terakhir, dan jumlah tanggungan orang tua
  4. Scan Kartu Keluarga terbaru
  5. Scan tagihan listrik selama 3 bulan terakhir atau scan bukti pembelian token listrik selama 3 bulan terakhir
  6. Scan tagihan air selama 3 bulan terakhir
  7. Formulir Rekomendasi Akademik dari Kepala Sekolah/ Wali Kelas/ Guru/dll (link download Formulir akan disediakan ketika pendaftaran beasiswa dibuka tanggal 1 April 2024)
  8. Formulir Rekomendasi Non-akademik dari Pemimpin Gereja/ Pemimpin Organisasi/ Pembimbing Rohani/ Pelatih Olahraga/dll (link download Formulir akan disediakan ketika pendaftaran beasiswa dibuka tanggal 1 April 2024)
    • Pemberi rekomendasi Akademik dan Non-akademik harus 2 (dua) orang yang berbeda dan bukan teman, anggota keluarga, saudara, ataupun Pemohon sendiri. 
  9. Dokumen-dokumen pendukung lainnya, seperti bukti pendaftaran/ penerimaan Perguruan Tinggi, sertifikat, piagam, dll

Semua persyaratan dokumen harus mengikuti peraturan standar penamaan sebagai berikut:

  • <Nama Lengkap>-Formulir-Pendaftaran-Beasiswa-ILF-2024.pdf
  • <Nama Lengkap>-Scan-Nilai-Rapor.pdf
  • <Nama Lengkap>-Slip-Gaji-Orang-Tua.pdf
  • <Nama Lengkap>-Kartu Keluarga.pdf
  • <Nama Lengkap>-Listrik.pdf
  • <Nama Lengkap>-Air.pdf
  • <Nama Lengkap>-Formulir-Rekomendasi-Akademik.pdf
  • <Nama Lengkap>-Formulir-Rekomendasi-Non-akademik.pdf
  • <Nama Lengkap>-Dokumen-Pendukung.pdf

Contoh: Sarah Woworuntu-Formulir-Pendaftaran-Beasiswa-ILF-2024.pdf

Catatan:

  1. Ketidakpatuhan terhadap persyaratan tersebut di atas atau ketidaklengkapan formulir serta dokumen yang dipersyaratkan akan mengakibatkan aplikasi Anda tidak dapat diproses.
  2. Pengisian formulir disarankan menggunakan aplikasi gratis Adobe Acrobat Reader DC.
  3. Jawaban formulir pendaftaran harus diketik dan ditandatangani secara digital. Untuk menandatangani formulir secara elektronik menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Reader DC, bisa klik tombol Signature yang terletak di menu tool bar.

Baca Juga: Daftar Beasiswa Kuliah Gratis S1 2024 – 2025 untuk Lulusan SMA/SMK/Sederajat

Bagaimana Cara Mendaftar Beasiswa ILF 2024?

  1. Pendaftaran Beasiswa ILF 2024 baru akan dibuka pada tanggal 1 April 2024 dan ditutup pada tanggal 30 April 2024.
  2. Setelah pendaftaran resmi dibuka, pelamar dapat mengisi dan mengunggah semua persyaratan dan berkas dokumen yang diminta pada ILF Google Form (coming soon).
  3. Pastikan pelamar harus memiliki akun Google terlebih dahulu.
  4. Pendaftaran bersifat final. Pemohon tidak diperkenankan mengubah, mengurangi, atau menambah informasi apapun setelah menekan tombol submit pada ILF Google Form.
  5. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 30 APRIL 2024 pukul 23:59 WIB.
  1. 1 April 2024: Pendaftaran dibuka.
  2. 30 April 2024: Pendaftaran ditutup pukul 23:59 WIB.
  3. 1 Mei – 17 Juni 2024: Proses seleksi kelengkapan administrasi dan kualifikasi oleh Tim Beasiswa ILF
  4. 18 – 28 Juni 2024: Wawancara finalis terpilih.
  5. 8 Juli 2024: Pengumuman hasil seleksi Beasiswa ILF melalui email masing-masing pelamar.

Apabila ada yang ingin mengenai program beasiswa di atas dapat menghubungi kontak berikut:
Email: scholarships@indonesianleadership.org
Sumber Informasi Resmi: https://www.indonesianleadership.org/ilf-scholarship-application-2024/

Selamat mencoba dan silakan bagikan pada yang membutuhkan.