Beasiswa HES 2024 Kursus Bahasa Mandarin Gratis di Taiwan untuk Lulusan minimal SMA/Sederajat

Info Beasiswa – Selain program Beasiswa Pemerintah Taiwan, ada juga tawaran dari pemerintah Taiwan kepada pelamar internasional (termasuk dari Indonesia) berupa Beasiswa HES Kursus Bahasa Mandarin Gratis. Program Huayu Enrichment Scholarship (HES) bertujuan untuk menyediakan kesempatan bagi pelajar internasional untuk lebih memahami budaya dan masyarakat Taiwan serta mempromosikan interaksi dan pemahaman bersama antara Taiwan dan masyarakat internasional. Berikut informasi selengkapnya mengenai Beasiswa HES.

Kursus Bahasa Mandarin Gratis di Taiwan oleh Beasiswa HES 2024

Beasiswa Kursus Bahasa Mandarin HES akan diberikan selama 6 bulan. Periode penerimaan beasiswa dari tanggal 1 September 2024 s/d 31 Agustus 2025.

Berapa Dana yang diberikan dalam Beasiswa HES?

Beasiswa yang diberikan berupa tunjangan senilai NT$ 25.000 (±Rp 12,4juta) per bulan. Dana tersebut telah meliputi biaya hidup bulanan serta uang pembayaran kursus. Untuk biaya visa, tiket pesawat, dan sebagainya ditanggung oleh peserta masing-masing, namun menurut penerima beasiswa HES sebelumnya, tunjangan bulanan yang diterima mampu menutupi biaya visa dan tiket yang dikeluarkan sebelumnya.

Apa Saja Persyaratan Beasiswa HES?

  1. Berusia 18 tahun atau lebih.
  2. Minimal telah menyelesaikan SMA/SMK/Sederajat (D3, S1, dan di atasnya juga dapat melamar).
  3. Mempunyai prestasi akademik.
  4. Mempunyai karakter moral yang baik.
  5. Bukan merupakan warganegara Taiwan atau pemilik status Overseas Chinese Student.
  6. Saat ini tidak terdaftar sebagai pelajar di salah satu Language Center di Taiwan dan tidak pernah menjadi mahasiswa di universitas maupun perguruan tinggi manapun di Taiwan.
  7. Tidak pernah mendapatkan Beasiswa HES maupun Beasiswa Pemerintah Taiwan (MOE) sebelumnya.
  8. Sewaktu belajar di Taiwan, peserta bukan merupakan mahasiswa yang mengikuti pertukaran pelajar atau double degree yang merupakan program kerja sama antar universitas.
  9. Bukan merupakan penerima beasiswa lain atau subsidi yang diberikan oleh Pemerintah Taiwan atau institusi pendidikan lainnya di Taiwan.

Baca Juga

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan

  1. Formulir Pendaftaran Beasiswa HES (DOWNLOAD).
  2. Fotocopy Pasport dan Kartu Keluarga.
  3. Fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai Pendidikan Terakhir dalam Bahasa Inggris atau Mandarin. Jika dokumen tidak dalam Bahasa Inggris atau Mandarin (misalnya Ijazah dan Transkrip Nilai masih dalam bahasa Indonesia), maka harus diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris atau Mandarin terlebih dulu dan harus dilegalisir sampai tahap TETO (Lihat Prosedur Legalisir). Apabila peserta merupakan lulusan dari luar negeri, maka ijazah dan transkrip perlu dilegalisir di kantor TETO di negara tersebut.
  4. Fotocopy Bukti Formulir Pendaftaran Language Center, yang membuktikan bahwa peserta telah mendaftar ke Language Center di Taiwan. Untuk daftar Pusat Pembelajaran Bahasa Mandarin yang menjadi mitra Beasiswa HES dapat dilihat pada link berikut: Daftar Language Center. Perlu diperhatikan bahwa peserta harus mendaftar sendiri pada Language Center yang dipilih.
  5. 2 (Dua) Surat Rekomendasi yang sudah ditandatangani dan tersegel rapat dalam amplop. Surat rekomendasi bisa berasal dari Kepala Sekolah, Dekan, Rektor, Profesor atau Supervisor. Surat rekomendasi dalam bentuk email atau fotokopi dan dengan tanda tangan digital TIDAK BERLAKU

Catatan: Pastikan semua dokumen menggunakan ukuran kertas A4.

Baca Juga:
Gunakan Jasa Penerjemah Tersumpah untuk Menerjemahkan Dokumen Beasiswa

Bagaimana Cara Mendaftar Kursus Bahasa Mandarin HES?

  1. Sebelum mendaftar Program Kursus Bahasa Mandarin Gratis dari HES, peserta harus mendaftar terlebih dahulu pada Language Center yang ada di Taiwan (lihat link Daftar Language Center di atas).
  2. Selanjutnya lengkapi berkas dokumen yang disebutkan di atas beserta bukti formulir pendaftaran Language Center, dan kirimkan pada alamat berikut:
    Kantor Taipei Economic and Trade Office
    Gedung Artha Graha Lt. 17,
    Jl. Jend Sudirman kav 52-53, Jakarta Selatan
    12190

    Tuliskan di amplop depan: “Pendaftaran Beasiswa HES”.
    Pihak Kantor TETO tidak menerima konfirmasi penerimaan dokumen, silakan cek status pengiriman secara mandiri ke masing-masing jasa pengiriman. Selain itu, pihak Kantor TETO juga tidak menerima pengiriman dokumen via jasa pengiriman online seperti contohnya Gojek atau Grab.
  3. Selain itu, peserta juga harus mengisi formulir online pada link berikut: https://forms.gle/yYAMsZgGcTzE28rW7. Jika hanya mengirimkan dokumen persyaratan ke TETO tanpa mengisi formulir online, maka pendaftaran beasiswa dianggap gagal oleh pihak TETO.
  4. Berkas dokumen pendaftaran beasiswa paling lambat diterima pada tanggal 31 MARET 2024.
  5. TETO akan mengirimkan pengumuman beasiswa kepada masing-masing penerima beasiswa via email sebelum tanggal 10 Juni 2024. TETO tidak akan menghubungi satu per satu peserta yang tidak lolos program HES.

Informasi lebih detail mengenai Kursus Bahasa Mandarin Gratis di Taiwan oleh Beasiswa HES dapat menghubungi kontak berikut:
Divisi Pendidikan, Taipei Economic and Trade Office, Indonesia
Email: edutwindonesia@gmail.com
Sumber Informasi Resmi: Instagram @tetotec_indonesia

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.