Beasiswa GKS Kuliah di Korea Selatan Tahun 2024 Studi S2, S3, Riset FULL Scholarship

Info Beasiswa – Informasi beasiswa yang satu ini termasuk ditunggu-tunggu oleh para peminatnya. Beasiswa Global Korea Scholarship (GKS) kembali ditawarkan oleh Pemerintah Korea Selatan kepada pelamar internasional di berbagai negara, termasuk Indonesia. Para pelamar dapat mendaftar pada program S2 dan S3 di universitas-universitas yang terdapat di Korea Selatan. Beasiswa yang diberikan pun tidak tanggung-tanggung, karena telah mencakup seluruh kebutuhan studi (FULL Scholarship). Berikut informasi selengkapnya.

Beasiswa GKS 2024 untuk Kuliah S2, S3, dan Riset di Korea

Jalur Pendaftaran Beasiswa GKS

Pendaftaran Program GKS terbagi menjadi dua jalur, yaitu Jalur Kedutaan Besar Korea dan Jalur Universitas. Untuk tahun 2024, kuota untuk negara Indonesia yang disediakan oleh GKS pada masing-masing jalur adalah sebagai berikut:

  1. Jalur Kedutaan Besar Korea (Embassy Track):
    • Kuota untuk Pelamar Umum: 34 orang
  2. Jalur Universitas (University Track):
    • Kuota untuk General Program: 27 orang
    • Kuota untuk R-GKS: 72 orang (Program R-GKS diutamakan bagi pelamar direkomendasikan oleh pemerintah dan universitas lokal yang berpartisipasi dalam RISE project, Education Specialization Project)
    • Kuota untuk R&D Program: 300 orang dari seluruh negara di dunia (Program R&D diutamakan bagi pelamar yang mendapatkan rekomendasi dari organisasi internasional atau Export-Import Bank of Korea)
    • Kuota untuk Global Network: 80 orang dari seluruh negara di dunia (Program Global Network diutamakan bagi pelamar yang mendapatkan rekomendasi dari organisasi internasional dan badan pendidikan internasional)
    • Kuota untuk Research Program: 15 orang dari 156 negara di dunia

Jurusan dan Program Studi yang tersedia dari masing-masing jalur pendaftaran di atas dapat anda buka pada link berikut: https://www.studyinkorea.go.kr/. Pilih file “University Information”.

Durasi Pemberian Beasiswa GKS

  1. Program Master (S2): Total 3 tahun meliputi 1 tahun kursus bahasa Korea dan 2 tahun studi Master
  2. Program Doktoral (S3): Total 4 tahun meliputi 1 tahun kursus bahasa Korea dan 3 tahun studi Doktoral
  3. Program Riset: 6 bulan atau 1 tahun
  4. Global Network Program: 2 tahun Program Master

Berapa Cakupan Beasiswa GKS?

  1. Tiket pesawat PP Indonesia – Korea pada awal dan akhir masa penerimaan beasiswa.
  2. Tanggungan penuh biaya perkuliahan.
  3. Biaya kursus bahasa Korea yang dilaksanakan sebelum perkuliahan dimulai. Program ini tidak tersedia untuk pelamar Beasiswa Riset.
  4. Insentif Studi diberikan kepada penerima beasiswa:
    • Program Kursus Bahasa Korea: 14,100,000 KRW per tahun
    • Program Master dan Doktoral: 15,700,000 KRW per tahun
    • Program Riset: 19,800,000 KRW per tahun
      Insentif Studi yang diberikan telah meliputi Tunjangan Kedatangan, Tunjangan Bulanan, Tunjangan Penelitian, Hibah Kemahiran Bahasa Korea, Biaya Pendaftaran TOPIK, Hibah Penyelesaian Gelar, Asuransi Kesehatan serta Biaya Percetakan Publikasi

Baca Juga: Daftar Lengkap Beasiswa Kuliah di Korea Selatan yang bisa Anda Coba

Syarat Mendaftar Beasiswa GKS

  1. Pelamar dan orangtua pelamar bukan merupakan warganegara Korea Selatan dan tidak memegang kewarganegaraan ganda.
  2. Persyaratan Pendidikan:
    • Untuk pelamar Program Master: telah mendapatkan gelar Sarjana atau setara atau yang lebih tinggi.
    • Untuk pelamar Program Doktoral: telah mendapatkan gelar Master atau setara atau yang lebih tinggi. Bagi pelamar program Master maupun Doktoral yang saat ini berada pada semester akhir dan akan lulus pada tanggal 31 Juli 2024 juga bisa mendaftar beasiswa ini.
    • Untuk pelamar Program Riset: Telah mendapatkan undangan dari salah satu universitas mitra dan memenuhi kriteria berikut:
      – Postdoctoral Research Program: telah mendapatkan gelar Doktor.
      – Professor Exchange Program: telah mendapatkan gelar Master atau diatasnya dan saat ini sedang mengajar pada sebuah universitas sebagai professor.
      – Program for Education·Science·Culture·International Cooperation Professionals: telah mendapatkan gelar Master atau diatasnya dan merupakan seorang profesional dalam bidang Pendidikan, Sains, Budaya, atau Kerjasama Internasional (E.S.C.I).
  3. Persyaratan IPK pada jenjang pendidikan sebelumnya:
    • Memiliki nilai skor 80% atau di atasnya (skala 100) atau mendapatkan peringkat top 20% dalam satu kelas; ATAU
    • Memiliki IPK (CGPA) minimal 2,64 (skala 4,0) atau 2,80 (skala 4,30) atau 2,91 (skala 4,5) atau 3,23 (skala 5,0) dari jenjang pendidikan sebelumnya.
  4. Persyaratan Usia:
    • Berusia maksimal 40 tahun (lahir setelah tanggal 1 September 1984).
    • Bagi profesor akademik yang berusia di bawah 45 tahun (lahir setelah tanggal 1 September 1979) dan merupakan warga negara dari negara anggota Official Development Assistance (ODA) (termasuk Indonesia) juga dapat mendaftar.
  5. Memiliki kondisi tubuh yang sehat baik secara mental dan fisik untuk dapat melanjutkan studi di Korea selama durasi studi atau riset.
  6. Larangan:
    • Pelamar yang merupakan lulusan dari sekolah menengah Korea (termasuk sekolah internasional) atau Universitas di Korea (baik Sarjana maupun Pascasarjana) tidak dapat mendaftar beasiswa ini.
    • Pelamar yang sebelumnya telah mendapatkan beasiswa kuliah dari Pemerintah Korea Selatan tidak dapat mendaftar beasiswa ini. Mereka dapat mendaftar kembali program beasiswa ini asalkan memenuhi persyaratan berikut:
      – Mempunyai nilai minimal 90% dalam skala 100 atau ranking 10% teratas dalam satu kelas.
      – Mempunyai sertifikat TOPIK level 5 atau 6.
      – Mendaftar pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
    • Pelamar yang mengundurkan diri setelah terpilih menjadi penerima beasiswa GKS dalam tiga tahun terakhir tidak dapat mendaftar kembali beasiswa ini.
    • Pelamar tidak dapat mendaftar Beasiswa GKS 2024 pada lebih dari satu jalur (hanya bisa menggunakan salah satu jalur yaitu Jalur Kedubes atau Jalur Universitas).

Baca Juga

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN:

  1. 1 (Satu) set original dokumen lengkap yang terdiri dari:
    • a. Form 1: Formulir Pendaftaran
    • b. Form 2: Personal Statement
    • c. Form 3: Study Plan (hanya untuk pelamar program Master dan Doktoral)
    • d. Form 4: Proposal Riset (khusus untuk pelamar program Riset)
    • e. Form 5: 1 (Satu) Surat Rekomendasi yang dimasukkan dalam amplop
    • f. Form 6: Undangan resmi dari pihak Universitas (khusus untuk pelamar program Riset)
    • g. Form 7: Persetujuan pelamar GKS
    • h. Form 8: Hasil tes kesehatan pelamar
    • i. Form 9: Consent to Collect and Use Personal Information
      Seluruh dokumen di atas dapat diunduh pada link berikut: https://www.studyinkorea.go.kr/.
  2. Bukti kewarganegaraan peserta dan orang tua, seperti akte kelahiran / KTP / kartu keluarga / paspor (pilih salah satu). Dokumen ini harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan dinotariskan.
  3. Untuk pelamar program Master: melampirkan salinan resmi ijazah dan transkrip nilai S1 beserta terjemahan dalam bahasa Inggris atau Korea.
  4. Untuk pelamar program Doktoral: melampirkan salinan resmi ijazah dan transkrip nilai S1 dan S2 beserta terjemahan dalam bahasa Inggris atau Korea.
  5. Untuk pelamar program Beasiswa Riset melampirkan salinan resmi ijazah dan transkrip nilai S1, S2 serta salinan resmi ijazah dan transkrip nilai S3 (untuk pelamar Postdoctoral Research Program) beserta terjemahan dalam bahasa Inggris atau Korea.
  6. Certificate of Employment bagi profesional yang mengikuti program riset.
  7. Bagi pelamar Global Network Program melampirkan Certificate of Employment / Surat Keterangan Kerja atau Surat Pengalaman Kerja (optional).
  8. Berkas dokumen tidak wajib:
    • Salinan resmi sertifikat TOPIK
    • Salinan resmi sertifikat kemampuan bahasa Inggris (TOEFL / IELTS)
    • Sertifikat penghargaan dan lain-lain
    • Salinan paspor

CATATAN:

  1. Seluruh berkas dokumen harus menggunakan bahasa Inggris atau Korea. Apabila dokumen (misal: ijazah atau transkrip nilai) masih dalam bahasa Indonesia, bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah.
  2. Salinan resmi artinya fotocopy dari dokumen asli yang telah dilegalisasi oleh institusi yang mengeluarkan dokumen tersebut. Jangan pernah menyerahkan dokumen asli, karena seluruh dokumen yang diterima oleh pihak penyelenggara tidak akan dikembalikan ke peserta.
  3. Apabila ukuran dokumen lebih kecil daripada A4, maka tempelkan pada kertas A4 kosong. Apabila ukuran dokumen lebih besar daripada A4, lipat dokumen seukuran A4 atau fotocopy menjadi ukuran A4.

Baca Juga

Bagaimana Cara Mendaftar Beasiswa GKS 2024?

Untuk mendaftar Beasiswa GKS 2024, peserta harus memilih salah satu jalur pendaftaran (Jalur Kedubes atau Jalur Universitas). Jika kedapatan mendaftar beasiswa melalui dua jalur tersebut maka akan didiskualifikasi secara otomatis.

Jalur Kedutaan Besar Korea di Jakarta

  1. Sebelum mendaftar, baca informasi selengkapnya mengenai Pendaftaran Beasiswa GKS 2024 Jalur Kedubes pada link berikut ini: https://overseas.mofa.go.kr/id-id/brd/m_2707/view.do?seq=761567&page=1.
  2. Pelamar harus menyiapkan tiga pilihan universitas yang dituju dari pilihan universitas yang tersedia. Selanjutnya pelamar menyiapkan 1 (satu) set Application Form asli termasuk 1 (satu) Surat Rekomendasi dalam satu amplop beserta seluruh berkas dokumen yang disebutkan di atas. Pihak Kedubes yang nantinya akan membuat 3 rangkap salinan jika dibutuhkan.
  3. Kirimkan seluruh berkas dokumen di atas ke pihak Kedubes di Jakarta dengan mencantumkan:
    [Nama Lengkap Pelamar]2024 Global Korea Scholarship
    Embassy of the Republic of Korea
    Jl. Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta 12950
    Tel: 021-2967-2555
  4. Selain mengirimkan berkas hardcopy, pelamar juga wajib mengisi formulir pendaftaran online pada link berikut: https://forms.gle/ASv9mvbQTBeobuvb8. Informasi pada dokumen fisik (hardcopy) dan yang diisikan pada formulir online harus sama.
  5. Batas waktu pendaftaran Beasiswa GKS 2022 melalui Jalur Kedubes Korea paling lambat tanggal 29 FEBRUARI 2024.
  6. Tes Wawancara secara online: 5 s/d 7 Maret 2024 (tentatif)
  7. Pengumuman hasil seleksi tahap 1 oleh Kedubes: 13 Maret 2024
  8. Pengumuman hasil seleksi tahap 2 oleh NIIED: akhir April 2024
  9. Pelaksanaan seleksi tahap 3 oleh masing-masing universitas: akhir Mei 2024
  10. Pengumuman para penerima beasiswa: akhir Juni 2024
  11. Tiba di Korea Selatan: Agustus 2024
  12. Kelebihan melamar melalui jalur Kedubes yaitu anda memiliki cadangan universitas, misalnya tidak diterima di universitas A, maka anda masih memiliki cadangan di universitas B dan C.

Jalur Universitas

  1. Pelamar harus memilih SATU dari pilihan universitas yang disediakan.
  2. Berkas dokumen yang dibutuhkan hanya SATU salinan resmi saja dari masing-masing point yang disebutkan di atas. Kemudian ajukan langsung ke pihak universitas (buka website https://www.studyinkorea.go.kr/. Pilih file “University Information” untuk melihat cara pendaftaran masing-masing universitas).
  3. Pastikan anda mengajukan pendaftaran sebelum batas waktu yang telah ditetapkan masing-masing universitas.
  4. Selanjutnya akan dilakukan proses wawancara dengan profesornya (menurut pengalaman awardee sebelumnya, pertanyaan seputar motivasi mengikuti beasiswa GKS, mengapa memilih Korea, apa saja yang anda ketahui tentang Korea, penjelasan singkat mengenai penelitian, dan sebagainya).
  5. Keuntungan jika mendaftar melalui jalur universitas yaitu anda hanya perlu melakukan wawancara satu kali saja jika dibandingkan melalui Kedubes yang kemungkinan sampai empat kali wawancara (satu dari Kedubes dan tiga dari universitas yang anda pilih)
  6. Batas waktu pendaftaran dari setiap universitas berbeda-beda, kurang lebih sekitar pertengahan sampai akhir Maret.

Baca Juga: Daftar Beasiswa Terbaru yang sedang dibuka

Informasi Beasiswa GKS 2024 di atas hanya rangkuman. Sebelum melakukan pendaftaran Beasiswa GKS 2024, pastikan telah membaca keseluruhan peraturan pendaftaran pada link berikut:
Website Resmi: https://www.studyinkorea.go.kr dan overseas.mofa.go.kr
Global Korea Scholarship Center, NIIED
Email: kgspniied@korea.kr

Silakan dibagikan pada teman-teman yang membutuhkan. Semoga bermanfaat!