Beasiswa DAAD EPOS untuk Kuliah S2 dan S3 di Jerman Tahun 2024 • Info Beasiswa

Info Beasiswa – Bagi anda yang berminat untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, khususnya Jerman, mungkin dapat mencoba tawaran beasiswa yang satu ini. Beasiswa DAAD EPOS atau Scholarships for Development-Related Postgraduate Courses – Educating Professionals for Sustainable Development ditujukan bagi para profesional yang berasal dari negara berkembang dan mempunyai pengalaman kerja minimal dua tahun (bisa berasal dari lingkungan pemerintahan, BUMN, atau perusahaan swasta) guna memberikan pendidikan pascasarjana dan pelatihan pada bidang yang berkaitan dengan profesi mereka. Beasiswa DAAD EPOS rutin ditawarkan setiap tahunnya bagi para kandidat internasional, termasuk Indonesia untuk melanjutkan kuliah S2 dan S3 di Jerman. Berikut informasi selengkapnya.

Beasiswa DAAD EPOS Tahun 2024

  • Business Administration/Economic Sciences/Political Economics
  • Development Cooperation
  • Engineering and Related Sciences
  • Regional and Urban Planning
  • Agriculture and Forest Sciences
  • Natural and Environmental Sciences
  • Medicine and Public Health
  • Social Sciences, Education and Law
  • Media Studies

Pilihan program Pascasarjana beserta deadline masing-masing program dapat dilihat pada link berikut: List of all Postgraduate courses with application deadlines 2024/25.

Beasiswa DAAD EPOS untuk studi S2 diberikan dengan durasi 12 – 24 bulan dan studi S3 dengan durasi 42 bulan pada Universitas maupun Universitas Ilmu Terapan di Jerman.

  1. Tunjangan bulanan untuk penerima Beasiswa Master sebesar 934 euro dan untuk penerima Beasiswa Doktoral sebesar 1,200 euro
  2. Pembayaran untuk asuransi kesehatan dan kecelakaan
  3. Tunjangan perjalanan, kecuali biaya tersebut telah ditanggung oleh pemerintah dari negara asal atau dari sumber pendanaan lain
  4. Dalam kondisi tertentu, penerima beasiswa juga bisa mendapatkan manfaat tambahan berikut:
    • Subsidi sewa bulanan
    • Tunjangan bulanan untuk anggota keluarga yang mendampingi
  5. Untuk studi yang menggunakan bahasa pengantar Jerman, juga tersedia beasiswa kursus bahasa Jerman selama 6 bulan

Baca Juga

  1. Saat ini bekerja untuk otoritas publik (pemerintahan), perusahaan negara atau swasta di negara berkembang (salah satunya Indonesia).
  2. Memiliki gelar Sarjana dalam bidang terkait.
  3. Telah menyelesaikan perkuliahan dengan hasil jauh di atas rata-rata.
  4. Mempunyai pengalaman profesional terkait dengan bidang studi yang dituju setelah menyelesaikan perkuliahan Sarjana.
  5. Gelar akademis yang dimiliki normalnya tidak lebih dari enam tahun (lulus perkuliahan maksimal dalam enam tahun terakhir).
  6. Merupakan warga negara dari negara yang tertera pada daftar OECD-DAC (termasuk Indonesia).
  7. Persyaratan Bahasa:
    • Untuk studi yang menggunakan bahasa pengantar Jerman (beasiswa yang diberikan termasuk kursus persiapan bahasa Jerman selama 6 bulan): peserta lolos ujian bahasa DSH 2 atau Test DaF 4 sebelum perkuliahan dimulai. Namun dibutuhkan kemampuan bahasa Jerman minimal level B1 pada saat melakukan pendaftaran yang dibuktikan dengan sertifikat.
    • Untuk studi yang menggunakan bahasa pengantar Inggris: bukti kemampuan bahasa Inggris dengan skor sesuai permintaan masing-masing program studi yang dituju.
  1. Checklist yang telah dicentang dan ditandatangani (DOWNLOAD).
  2. Formulir pendaftaran DAAD “Application for a research/study scholarship” (DOWNLOAD).
  3. Curriculum Vitae menggunakan europass template.
  4. 1 (Satu) Surat Motivasi dengan referensi detail mengenai akademik, profesional dan alasan pribadi untuk mendaftar beasiswa ini.
    PENTING: Apabila mendaftar pada lebih dari satu program pascasarjana (maksimal 3 program), sertakan juga alasan terperinci mengenai pilihan program tersebut dan prioritas anda pada surat motivasi. Kirimkan surat motivasi yang sama untuk seluruh program pascasarjana pilihan anda.
  5. Surat rekomendasi dari atasan saat ini. Surat rekomendasi harus mencantumkan kop surat resmi, tandatangan dan cap resmi serta tanggal saat ini (tidak dimasukkan di amplop tertutup).
  6. Surat keterangan kerja dari atasan yang menampilkan pengalaman kerja pelamar yaitu minimal dua tahun. Jika memungkinkan, surat keterangan kerja tersebut juga diserta jaminan bagi pelamar untuk dapat bekerja kembali setelah menyelesaikan masa studi.
  7. Bukti kemampuan bahasa terbaru (bahasa Jerman atau Inggris) sesuai dengan persyaratan dari program studi yang dituju.
  8. Salinan ijazah S1 atau S2 disertai dengan terjemahan resminya dalam bahasa Jerman atau Inggris apabila dokumen asli menggunakan bahasa Indonesia.
  9. Salinan transkrip nilai S1 atau S2. Sertakan juga penjelasan sistem penilaian yang digunakan pada transkrip nilai apabila belum terdapat penjelasan pada transkrip nilai.

NOTE: Seluruh dokumen yang dikirimkan harus menggunakan bahasa Inggris atau Jerman. Gunakan jasa penerjemah tersumpah untuk menerjemahkan dokumen resmi yang masih menggunakan bahasa Indonesia.

  1. Untuk mendaftar Beasiswa DAAD EPOS Tahun 2024 – 2025, pelamar dapat menyampaikan langsung persyaratan dokumen di atas pada program pascasarjana yang ingin dilamar.
  2. Untuk detail program pascasarjana, batas waktu pendaftaran, dokumen persyaratan tambahan serta petunjuk pendaftaran dari masing-masing program bisa dilihat pada Panduan berikut: DOWNLOAD PANDUAN.
  3. Pihak komite seleksi akan mengusulkan kandidat potensial pada pihak DAAD Scholarship.
  4. Pihak DAAD akan menghubungi kandidat tersebut untuk mengunggah aplikasi pendaftaran lengkap pada Portal DAAD.
  5. Pastikan anda mempunyai salinan dari masing-masing dokumen pendaftaran (dalam format PDF) yang nantinya akan diunggah pada portal DAAD apabila anda terpilih sebagai kandidat potensial.
  6. Beasiswa ini rutin diadakan setiap tahun. Apabila anda tertarik mendaftar di tahun berikutnya, silakan cek secara berkala pada website resmi di bawah ini.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Beasiswa DAAD EPOS, dapat menghubungi kontak berikut:
Jakarta Office
German Academic Exchange Service
Jl. Jend. Sudirman, Kav. 61-62
Summitmas Building 2, 14th Floor
12190 Jakarta
Indonesia
Phone: +62 (21) 52008-70
Fax: +62 (21) 52528-22
Email: info@daadjkt.org
Website: www.daad.id
Sumber Informasi Resmi: https://daad.de

Silakan bagikan pada teman atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat!