Beasiswa SMP – SMA Gratis Tahun 2024 oleh SMART Ekselensia Indonesia • Info Beasiswa

Info Beasiswa – Bagi anda yang sedang mencari Beasiswa SMP dan Beasiswa SMA, berikut ini ada tawaran menarik dari SMART Ekselensia Indonesia. SMART Ekselensia Indonesia merupakan sekolah menengah berasrama, dan bebas biaya untuk anak-anak marjinal yang tidak mempunyai kesempatan mendapatkan pendidikan berkualitas karena faktor ekonomi. Berikut informasi selengkapnya.

Beasiswa SMP – SMA Gratis oleh SMART Ekselensia Indonesia

SMART EKSELENSIA INDONESIA
Jl. Raya Parung-Bogor, Desa Jampang, Kecamatan Kemang,
Kabupaten Bogor–Jawa Barat 16330, Telp. 0251-861 2044, 0251-861 0817, 0251-861 0818

SMART menyelenggarakan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ditempuh selama enam tahun, tiga tahun untuk jenjang SMP dan tiga tahun untuk jenjang SMA. Siswa-siswa SMART berasal dari berbagai daerah dan provinsi di Indonesia, dari Sumatera hingga Papua.

Sejak tahun 2014 SMART Ekselensia Indonesia menerima siswa dari seluruh Indonesia. Sampai tahun 2024 ini, SMART telah menerima 20 angkatan dan meluluskan 15 angkatan dengan total penerima manfaat langsung lebih 500-an orang.

Dalam rangka seleksi murid baru tahun ajaran 2024/2025, SMART melaksanakan seleksi bernama Seleksi Nasional Sekolah Ekselensia Indonesia Tahun 2024 (SENSEI 2024).

  1. Bebas biaya sekolah SMP dan SMA
  2. Asrama
  3. Uang saku
  4. Makan 3 kali sehari
  5. Pulang kampung sekali setahun

Baca Juga

Persyaratan Umum Beasiswa SMP – SMA SMART Ekselensia Indonesia

  1. Laki-laki beragama Islam
  2. Berbadan sehat, tidak merokok dan tidak mempunyai penyakit menular
  3. Berasal dari keluarga kurang mampu
  4. Mendapatkan izin dari orang tua/wali untuk tinggal di asrama
  5. Mengisi formulir dan bersedia mengikuti seluruh tahapan seleksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  6. Pendaftaran tidak dipungut biaya

Persyaratan Khusus Beasiswa SMP – SMA SMART Ekselensia Indonesia

  1. Lulus/akan lulus SD/MI/Sederajat
  2. Maksimal berusia 14 tahun pada 1 Juli 2024
  3. Rata-rata nilai rapor kelas IV-V minimal 75

Baca Juga: Cara Memotivasi Anak untuk Mendapatkan Beasiswa

Cara Mendaftar Beasiswa SMP – SMA SMART Ekselensia Indonesia

  1. Untuk mendaftar Beasiswa SMP – SMA oleh SMART Ekselensia Indonesia, peserta dapat mendaftarkan diri secara online melalui website berikut: https://pendidikandd.org/sensei-2024/. Klik tulisan Daftar pada bagian bawah halaman.
  2. Masukkan data-data yang diminta pada form yang telah disediakan. Klik tombol Submit apabila telah memastikan seluruh form terisi dengan benar.
  3. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 13 Desember 2023.

Tahapan Seleksi

  1. Sistem seleksi menggunakan sistem gugur, artinya peserta yang telah gugur pada tahap sebelumnya, tidak diperkenankan untuk mengikuti tahap selanjutnya.
  2. Pada setiap tahapan seleksi, panitia pusat akan mengumumkan peserta yang dinyatakan lulus melalui situs web www.pendidikandd.org serta akun instagram @smartekselensia_id dan @etahfizh. Peserta yang namanya tidak tertera dalam pengumuman otomatis dinyatakan tidak lolos.
  3. Seleksi Akademik serta Tes Bacaan dan Hafalan Qur’an (TBHQ) dilaksanakan secara daring (online) dengan mekanisme yang akan ditentukan oleh Panita Pusat.
  4. Kunjungan Rumah (homevisit) & Wawancara dilaksanakan secara daring (online) dengan terlebih dahulu peserta mengisi formulir daring (online) yang telah disediakan oleh panitia pusat.
  5. Seleksi wawancara dilakukan dua tahap. Tahap pertama yaitu wawancara peserta yang bertujuan mendapatkan data terkait kepribadian dan kesiapan secara emosi serta motivasi. Tahap kedua adalah wawancara orangtua untuk konfirmasi data yang diisikan dalam formulir homevisit daring.
  6. Psikotes dilaksanakan oleh psikolog independen yang telah ditunjuk oleh panitia pusat secara daring/Iuring menyesuaikan dengan kondisi daerah dan kesiapan panitia.
  7. Penentuan peserta yang lulus sampai tahap akhir sepenuhnya menjadi wewenang panitia pusat yang diputuskan melalui Rapat Penentuan Akhir (Pantuhir) dengan mempertimbangkan seluruh data/informasi.
  8. Biaya kedatangan peserta yang lulus sampai tahap akhir menjadi tanggungan panitia pusat.
  9. Peserta yang dinyatakan lulus akan diumumkan melalui situs web www.pendidikandd.org serta akun IG @smartekselensia_id dan @etahfizh.
  10. Peserta yang dinyatakan lulus dinyatakan resmi sebagai siswa/santri baru jika telah melakukan pendaftaran ulang. Pendaftaran ulang berupa pengisian dan pengiriman akad orangtua dan akan santri baru dengan teknis yang akan diumumkan berbarengan dengan pengumuman kelulusan melalui situs web www.pendidikandd.org.
  11. Peserta yang telah mendaftar ulang akan mendapatkan panduan kedatangan ke SMART. Detil terkait teknis kedatangan akan disampaikan oleh panitia kepada peserta menjelang keberangkatan. Biaya kedatangan peserta asal Jabodetabek, menjadi tanggungan peserta. Adapaun biaya kedatangan peserta asal luar Jabodetabek akan dibiayai oleh panitia serta akan dijemput di bandara/stasiun/terminal kedatangan.
  1. Batas Waktu Pendaftaran : 13 Desember 2023
  2. Seleksi Akademik : 23 Desember 2023
  3. Tes Bacaan & Hafalan Quran (TBHQ)* : 30 – 31 Desember 2023
  4. Homevisit dan wawancara : 27-28 Januari 2024
  5. Psikotes : 17-18 Februari 2024
  6. Pengumuman : 15 Maret 2024
  7. Daftar UIang : 16 sd 23 Maret 2024
  8. Kedatangan : JuIi 2024

Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai Beasiswa SMP – SMA oleh SMART Ekselensia Indonesia, dapat menghubungi kontak berikut:
SMART EKSELENSIA INDONESIA
Lembaga Pengembangan Insani
Dompet Dhuafa
Whatsapp : 0812 1286 5447
Akun Instagram : @lpidd, @smartekselensia_id, dan @etahfizh
Surel (E-mail) : panitiasensei@gmail.com
Situs web (website) : www.pendidikandd.org

Sumber Informasi Resmi: https://pendidikandd.org/sensei-2024/
Silakan dibagikan pada rekan-rekan yang membutuhkan dan semoga bermanfaat.