Fulbright ETA – English Teaching Assistant untuk SMA/SMK/MA • Info Beasiswa

Pastikan anda menggunakan Aplikasi Info Beasiswa untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website Info Beasiswa

Info Beasiswa – American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) memberikan kesempatan untuk SMA/SMK/MA di Indonesia baik negeri maupun swasta untuk mendapatkan Bantuan Fulbright ETA (English Teaching Assistant) di sekolah mereka. Para Fulbright ETA merupakan warga negara Amerika Serikat lulusan S1 atau S2 penerima Beasiswa Fulbright dari Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat untuk menjadi asisten guru bahasa Inggris dan membantu guru-guru bahasa Inggris di seluruh dunia, termasuk Indonesia. 

Bantuan Fulbright ETA untuk SMA/SMK/MA

Program ETA sudah dimulai di Indonesia sejak tahun 2004 dengan penempatan para ETA di lima sekolah. Sejak itu, jumlah sekolah yang tertarik mendapatkan program bantuan ETA naik mencapai 35 per tahun. Melalui program ini, sekolah dapat menghadirkan penutur asli bahasa Inggris ke dalam kelas.

PERIODE PROGRAM: 20 Agustus 2023 s/d 20 April 2024. 

TUJUAN PROGRAM FULBRIGHT ETA:

  1. Meningkatkan saling pengertian dan itikad baik antara orang Indonesia dan orang Amerika Serikat, serta membantu perkembangan hubungan positif antara kedua negara.
  2. Memberikan bantuan kepada guru bahasa Inggris di SMA/SMK/MA dan berinteraksi dengan siswa dalam berkomunikasi serta dalam kegiatan ekstrakurikuler dalam bahasa Inggris.
  3. Membantu mengembangkan suasana kelas yang dapat mendorong siswa untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris supaya dapat memperbaiki kemampuan bahasa Inggris siswa.
  4. Menjadi contoh penutur asing yang baik untuk para siswa, sehingga dapat meningkatkan kemampuan mendengar dan berbicara bahasa Inggris para siswa.
  5. Memberikan kesempatan pada guru dan siswa untuk secara aktif mempraktikkan penggunaan bahasa Inggris (bukan hanya belajar secara pasif).
  6. Memberikan dorongan kepada para ETA untuk melibatkan diri di dalam komunitas tempat mereka ditugaskan.

Baca Juga

DETAIL PROGRAM:

Para tenaga sukarelawan Fulbright ETA tidak menggantikan guru bahasa Inggris, melainkan membantu guru bahasa Inggris di kelas. Mereka dapat ikut menjadikan kelas bahasa Inggris lebih aktif dan menarik. Akan tetapi ETA tidak boleh dibiarkan mengajar sendirian di kelas. ETA dan guru bahasa Inggris mengajar bersama, yang disebut “co-teaching”.

SKEMA PEMBIAYAAN FULBRIGHT ETA:

AMINEF akan mendanai sebagian besar biaya untuk membawa para ETA ke Indonesia termasuk transportasi, asuransi dan biaya hidup per bulan.

Pihak sekolah penerima bantuan ETA diharapkan dapat menyediakan dan membayar biaya sewa/kontrak tempat tinggal yang memenuhi standar program ETA (seperti toilet duduk dan AC di kamar tidur). Akan tetapi, biaya penggunaan listrik dan air akan dibiayai oleh ETA.

BAGAIMANA PROSES SELEKSI SEKOLAH? 

AMINEF bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama untuk seleksi sekolah penerima Fulbright ETA.

Daftar Beasiswa 2023

CARA PENGAJUAN BANTUAN FULBRIGHT ETA:

  1. Pendaftaran dibuka setiap tahunnya mulai tanggal 1 November.
  2. Untuk mendapatkan Bantuan Fulbright ETA, pihak sekolah (SMA/SMK/Madrasah) dapat mengunduh dan mengisi formulir pendaftaran pada link berikut: www.aminef.or.id.
  3. Formulir yang telah diisi harus dikirimkan ke email berikut: ETAIndonesia@aminef.or.id.
  4. Batas waktu penerimaan formulir pendaftaran sampai dengan 1 FEBRUARI 2023.

Jika ada yang ingin ditanyakan dapat menghubungi kontak berikut:
Email: infofulbright_usa@aminef.or.id 
Telephone Number: 021 – 5793 9085 / 9086

Sumber Informasi Resmi: www.aminef.or.id
Silakan dibagikan pada pihak-pihak yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.

Profil ETA yang sedang co-teach di Indonesia: https://rebrand.ly/ejez6s

Kegiatan ETA di sekolah dan komunitas mereka: https://rebrand.ly/zoumg8