Beasiswa Brunei Darussalam 2023 Kuliah Diploma, S1, S2 FULL SCHOLARSHIP • Info Beasiswa

Pastikan anda menggunakan Aplikasi Info Beasiswa untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website Info Beasiswa

Info Beasiswa – Bagi yang sedang mencari beasiswa luar negeri, berikut ini ada informasi beasiswa yang bisa anda coba. Beasiswa Pemerintah Brunei Darussalam Tahun 2023 – 2024 atau BRUNEI DARUSSALAM GOVERNMENT SCHOLARSHIP (BDGS) kembali dibuka bagi pelajar internasional (termasuk dari Indonesia) untuk melanjutkan kuliah Diploma, S1, dan S2 pada universitas yang ada di Brunei Darussalam. Beasiswa yang diberikan bersifat beasiswa penuh. Berikut informasi selengkapnya

Beasiswa Brunei Darussalam 2023 – 2024 untuk Kuliah Diploma, S1 dan S2

CAKUPAN BEASISWA BRUNEI DARUSSALAM (BDGS):

  1. Bebas biaya perkuliahan hingga selesai masa kuliah (termasuk biaya pendaftaran, ujian, orientasi, dan sebagainya).
  2. Tiket pesawat kelas Ekonomi Indonesia – Brunei Darussalam pulang-pergi (PP) pada awal dan akhir masa perkuliahan.
  3. Tunjangan per bulan.
  4. Tunjangan uang makan per bulan.
  5. Tunjangan buku per tahun.
  6. Akomodasi/tempat tinggal di asrama kampus.
  7. Tunjangan bagasi bagi penerima beasiswa yang telah menyelesaikan masa perkuliahan.
  8. Asuransi komprehensif selama masa beasiswa.

Baca Juga:
Daftar Beasiswa Tahun 2023 yang sedang dibuka

PILIHAN UNIVERSITAS / PERGURUAN TINGGI:

1. Universiti Brunei Darussalam (UBD)
UBD merupakan universitas pertama di Brunei Darussalam sekaligus universitas terbesar di negara ini berdasarkan jumlah mahasiswa serta berbagai kurikulum yang ditawarkan. Program studi yang ditawarkan serta persyaratan dari pihak universitas bisa dilihat pada link berikut: https://www.mfa.gov.bn/Shared%20Documents/UBD%20-%20%20BDGS%202023-2024.pdf.

2. Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB)
Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri di Bandar Seri Begawan. Program studi yang ditawarkan serta persyaratan dari pihak universitas bisa dilihat pada link berikut: https://www.mfa.gov.bn/Shared%20Documents/KUPU%20SB%20-%20BDGS202324%20(Program).pdf.

3. Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA)
UNISSA merupakan universitas kedua yang terdapat di Brunei Darussalam yang didirikan pada tahun 2007 dengan program studi yang ditawarkan berkaitan dengan Studi Islam. Bahasa pengantar dalam perkuliahan yang digunakan adalah bahasa Arab. Program studi yang ditawarkan serta persyaratan dari pihak universitas bisa dilihat pada link berikut: https://www.mfa.gov.bn/Shared%20Documents/UNISSA%20-%20BDGS%202023-2024%20(Program).pdf.

4. Universiti Teknologi Brunei (UTB)
UTB adalah universitas teknik dan teknologi yang terdapat di Brunei Darussalam dengan spesialisasi pada bidang Teknik, Bisnis, Komputer dan Informatika, Sains Terapan dan Matematika, serta Desain. Program studi yang ditawarkan serta persyaratan dari pihak universitas bisa dilihat pada link berikut: https://www.utb.edu.bn/.

5. Politeknik Brunei (PB)
PB merupakan Politeknik yang didirikan untuk mempercepat pengembangan sumber daya manusia dalam memproduksi tenaga kerja yang memiliki kemampuan dan pendidikan tinggi. Program studi yang ditawarkan serta persyaratan dari pihak universitas bisa dilihat pada link berikut: https://www.mfa.gov.bn/Shared%20Documents/PB%20-%20BDGS2223%20(program).pdf.

Untuk tahun akademik 2023, perkuliahan akan dimulai pada bulan Juli / Agustus 2023.

Baca Juga

PERSYARATAN BEASISWA BRUNEI DARUSSALAM:

  1. Untuk pelamar program Diploma dan S1 berusia tidak lebih dari 25 tahun, dan bagi pelamar program S2 berusia tidak lebih dari 35 tahun per tanggal 1 Juli 2023.
  2. Lancar berkomunikasi dalam bahasa Inggris (Credit 6 at GCE ‘O’ Level Examination atau Grade “C” in IGCSE English (as a second language) atau IELTS minimum 6.0 atau TOEFL minimum 550).
  3. Program ini dibuka untuk mahasiswa internasional (termasuk pelamar dari Indonesia) yang baru pertama kali akan kuliah di Brunei Darussalam. Bagi mahasiswa internasional yang pernah atau sedang kuliah di Brunei Darussalam tidak dapat mendaftar program beasiswa ini.
  4. Beasiswa ini tidak berlaku bagi penduduk tetap Brunei Darussalam.
  5. Pelamar memenuhi persyaratan lainnya yang diminta oleh pihak universitas dan program studi yang dituju (cek persyaratan dari pihak universitas dan program studi pada link website masing-masing kampus di atas).

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN (SOFTCOPY) YANG AKAN DIUNGGAH PADA FORMULIR PENDAFTARAN ONLINE:

  1. Pasfoto ukuran paspor (4 cm x 6 cm) terbaru.
  2. Salinan resmi kualifikasi akademik dan dokumen pendukung lainnya:
    a. Ijazah dan transkrip nilai
    b. Dokumen bukti pernah mendapatkan penghargaan akademik atau beasiswa (jika ada dan tidak wajib)
    c. Dokumen terkait pengalaman kerja sebelumnya (jika ada dan tidak wajib)
  3. Bagi dokumen yang menggunakan bahasa Indonesia, lampirkan juga terjemahan resmi bahasa Inggrisnya.
  4. Salinan resmi Akte Kelahiran dan Paspor yang telah dilegalisir.
  5. Surat referensi dan rekomendasi yang telah ditandatangani oleh pemberi rekomendasi (DOWNLOAD FORMAT SURAT). Surat rekomendasi diisi dalam bahasa Inggris. Pemberi rekomendasi bisa merupakan pengasuh pondok pesantren, kepala sekolah, dosen/dosen pembimbing/profesor, atasan di organisasi, atasan di tempat kerja dan sebagainya.

Catatan:
– Untuk menerjemahkan dokumen dapat menggunakan jasa penerjemah tersumpah atau terjemahan langsung dari pihak universitas.

CARA MENDAFTAR BEASISWA BRUNEI DARUSSALAM:

  1. Berbeda di tahun-tahun sebelumnya, untuk mendaftar Beasiswa Brunei Darussalam 2023 – 2024 kali ini menggunakan Formulir Pendaftaran Online yang diisi pada Google Form. Pelamar dapat melengkapi seluruh persyaratan dan berkas dokumen di atas (termasuk persyaratan dari pihak universitas/politeknik yang dituju) dan mengisi Formulir Pendaftaran Online berikut: BDGS Application Form.
  2. Khusus bagi pelamar yang mendaftar ke Universiti Brunei Darussalam, juga harus mengisi Formulir Pendaftaran Online pada link berikut: https://apply.ubd.edu.bn/orbeon/uis-welcome/.
  3. Batas waktu pendaftaran Beasiswa Brunei Darussalam paling lambat tanggal 15 FEBRUARI 2023.
  4. Bagi pelamar yang lolos seleksi berkas akan mendapatkan pemberitahuan via email dan akan mendapatkan informasi mengenai jadwal seleksi wawancara. Pelamar mungkin diminta untuk menghadiri wawancara di tempat yang telah ditentukan oleh universitas yang dituju dan mengikuti ujian tertulis untuk menilai kemampuan pelamar dalam bahasa Inggris/Melayu/Arab (jika dibutuhkan).
  5. Informasi pengumuman penerima Beasiswa Brunei Darussalam biasanya akan diberitahukan melalui email atau dihubungi langsung oleh pihak Kedutaan Besar sekitar Juni 2023. Apabila tidak mendapatkan pemberitahuan lebih dari bulan Juni 2023, bisa dipastikan pelamar yang bersangkutan belum berhasil mendapatkan Beasiswa Brunei Darussalam (BDGS).

Untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai Beasiswa Brunei Darussalam 2023 – 2024, dapat menghubungi kontak berikut:
BDGS Unit (Technical Assistance Division)
Department of Administration
Ministry of Foreign Affairs
Bandar Seri Begawan BD 2710
Brunei Darussalam

Sumber Informasi Resmi: https://www.mfa.gov.bn/online-bdgs/
Silakan dibagikan kepada rekan-rekan yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.