Yaya Yah

Yaya Yah , dijuluki Yaya (atau Hanna dalam inkarnasi bahasa Inggris), adalah salah satu karakter utama di BoBoiBoy dan BoBoiBoy Galaxy . Dia adalah bagian dari Geng BoBoiBoy.


Cerita

Musim 1

Yaya membuat penampilan pertamanya, menyapa BoBoiBoy saat dia berjalan ke toko kakao Tok Aba . Dia, bersama Ying dan Gopal kemudian berteman dengannya dan menjadi salah satu pahlawan super dari tim.

Musim 2

Di sekolah, karena prestasi akademik dan non-akademiknya yang sangat baik, ia menjadi Presiden Kelas 5 dan Presiden setiap klub. Sekolah memberinya dinding kesuksesan. Gopal juga menjelaskan kepada BoBoiBoy tentang Tembok Sukses Yaya ( Season 2, Episode 4 ).


Penampilan

Dalam seri aslinya, Yaya mengenakan kemeja lengan panjang berwarna merah muda fuchsia, rompi kuning, dengan bunga merah kecil di bagian atas, dan celana panjang berwarna magenta. Dia juga memakai sepatu kuning muda, jam tangan merah muda yang diberikan Ochobot kepadanya, sabuk merah muda fuchsia, dan tudung merah muda (hijab) dengan bunga kuning. Selain itu, dia memiliki sepasang kacamata di kepalanya yang sebenarnya tidak pernah dia gunakan.

Di Musim 2 dan 3, dia mengenakan pakaian yang sama dengan Musim 1 kecuali fakta bahwa dia memiliki klip bunga di tudung kepalanya dan ikat pinggang merah muda di pinggangnya.

Meskipun dia belum pernah terlihat tanpa jilbabnya di layar, seni konsepnya mengungkapkan bahwa dia memiliki rambut cokelat bergelombang di bawahnya.


Kepribadian

Untuk sebagian besar seri, Yaya terbukti menjadi salah satu anggota tim yang paling baik dan paling cerdas. Dia sangat ragu untuk menyakiti orang lain dan ketika dia pertama kali mendapatkan kekuatannya, dia meminta maaf karena menyerang Adu Du untuk membela teman-temannya. Terlepas dari sikapnya yang baik, dia tidak ragu-ragu untuk bertarung dan merupakan salah satu orang pertama yang melompat ketika BoBoiBoy dalam bahaya. Terbukti dengan berbagai prestasi akademiknya, Yaya adalah pekerja keras, bertanggung jawab, dan individu yang cerdas, selalu bekerja dengan kemampuan terbaiknya.

Sebuah lelucon adalah ketidakmampuan Yaya untuk memasak kue dan biskuit yang dapat dimakan, di mana dia marah ketika teman-teman dan orang-orang sama-sama menghindari untuk memakan kue-kuenya. Dia tampaknya tidak mengerti mengapa kue-kuenya tidak bisa dimakan, tetapi bagaimanapun juga, dia menjadi bersemangat ketika orang-orang ‘menikmati’ kuenya.


Keterampilan dan Kemampuan

Karena Ochobot kehilangan sebagian ingatannya, kemampuannya pada awalnya dianggap terbang dan kekuatan super, padahal kekuatan sebenarnya adalah Manipulasi Gravitasi (Gravikinesis). Dengan ini, dia bisa menguasai gravitasi dan melepaskannya, yang memberinya ‘kekuatan super’ yang seharusnya. Yaya juga memanipulasi gravitasinya sendiri, memberikan ilusi terbang.

Kemampuan yang Diketahui

BoBoiBoy

  • Pukulan Tenaga ( Tumbukan Padu )
  • Gelembung Ferrokinesis ( Gelembung ferrokinesis )
  • Tendangan Super Ampuh ( Tendangan Super Kuat )

Galaksi BoBoiBoy

Sementara kemampuannya sebagian besar tetap sama, sepatu bot Yaya sekarang bersinar ketika dia menggunakan kekuatannya, terutama ‘penerbangannya’.

  • Angkat Gravitasi ( Apungan Graviti )
  • Pukulan Kuat ( Tumbukan Padu )
  • Gravitasi Smash ( Hempasan Graviti )
Kemampuan Kendaraan
  • Gaya Gravitasi ( Tolakan Graviti )

Keterampilan

Menjadi ketua kelas dan kapten semua klub hanya di kelas lima, Yaya terbukti memiliki beberapa keterampilan kepemimpinan yang kuat, serta cerdas dan bertanggung jawab.

Yaya juga bisa memasak. Tidak seperti kuenya yang tidak bisa dimakan, dia ditunjukkan mampu memasak makanan normal yang biasa dan lezat, karena dia telah menyiapkan makan siangnya sendiri saat menjalankan misi di Galaxy.